Kompas TV nasional sosial

Mulai Mei 2021, Layanan GeNose Tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Selasa, 13 April 2021 | 22:54 WIB
mulai-mei-2021-layanan-genose-tersedia-di-bandara-internasional-soekarno-hatta
Pelaksanaan uji coba tes GeNose C19 dalam bilik di Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Sumber: (KOMPAS.COM/DANI JULIUS))

JAKARTA, KOMPAS.TV - Layanan GeNose C19 dicanangkan akan mulai tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Mei 2021 mendatang.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam agenda Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (12/4/2021).

"Mengenai GeNose belum ada (waktu) tepatnya, minggu ke berapa, tetapi ancar-ancarnya bulan Mei," ungkap Sandiaga, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Bulan Ramadan, Desa Wisata Sindangkasih Ditutup Selama 13 hingga 22 April 2021

Selain PCR dan rapid antigen, GeNose C19 juga termasuk di antara alat penyaringan (skrining) virus corona yang diperuntukkan bagi pengguna moda transportasi udara dalam negeri.

Selain itu, GeNose C19 merupakan karya anak bangsa yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian Riset dan Teknologi serta Kementerian Perhubungan.

"Testing ini adalah bagian dari protokol kesehatan yang baik dan kami mendorong terus agar protokol kesehatan benar-benar dijaga secara ketat dan disiplin dengan rasa penuh tanggung jawab," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Tradisi Padusan, Satgas Covid 19 Sidak Tempat Wisata Air

Sandiaga menambahkan, layanan GeNose C19 ini tentunya membutuhkan kerjasama antara Angkasa Pura II dengan penyelenggara testing, treasing dan treatment.

Supaya layanan tersebut dapat segera diterapkan di Bandara Internasional Soekaro-Hatta karena tingkat mobilitas penggunanya yang tinggi.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Deni Muliya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19