Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! Siswa SMP Ciptakan Sajadah Anti Virus Corona, Dapat Disemprot Disinfektan

Selasa, 13 April 2021 | 13:55 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sejumlah siswa SMP Islam di Surabaya Jawa Timur memproduksi sajadah anti virus corona. Sajadah itu dibuat dari plastik atau perlak yang mudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Inovasi itu untuk memberikan rasa aman bagi umat muslim yang beribadah di bulan ramadhan.

Sajana atau sajadah anti corona itu diproduksi oleh siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Sajadah terbuat dari bahan plastik dan perlak yang mudah untuk dibersihkan dari virus atau bakteri, yakni dengan cara disemprot atau dilap menggunakan cairan desinfektan.

Baca Juga: Awal Mula Sajadah dan Cara Merawatnya

Sajadah itu memiliki ukuran 60 X 120 centimeter dengan beragam warna. Para siswa juga menambahkan motif lukis beragam corak agar lebih menarik dan menambah semangat pemakainya untuk beribadah di bulan Ramadhan. Saat disemprot disinfektan catnya tidak akan mudah hilang karena menggunakan cat khusus.

Salah satu siswa, Nusantara Mahardika mengaku bahwa ide pembuatan sajadah plastik itu berawal dari kekhawatiran para siswa terhadap sajadah karpet yang berpotensi sebagai sarana penularan virus corona.

Baca Juga: Sajana, Sajadah Anti Corona Berbahan Plastik Buatan Siswa SMP Ini Bisa Disemprot Disinfektan

Guru pembina, Wardatul Ummah mengatakan produk sajana itu dipasarkan melalui media sosial dengan harapan dapat digunakan untuk keperluan ibadah saat ramadhan dan idul fitri.

Inovasi itu sekaligus melatih anak-anak menjadi entrepreneur sejak dini dan memberikan peluang usaha pada pelaku ekonomi kreatif.

 

#SajadahAntiCorona #SiswaSMP #IbadahRamadan

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:11
MENPAREKRAF SANDIAGA UNO SIAPKAN DANA HIBAH RP 3,7 TRILIUN UNTUK BANTU PENGEMBANGAN PARIWISATA DI NTB   WAPRES MA'RUF AMIN USUL PEMBELAJARAN TENTANG WAKAF DIMASUKKAN KE DALAM KURIKULUM SEKOLAH   KETUA BKN: KEBIJAKAN TERHADAP 75 TMS AKAN DISAMPAIKAN LANGSUNG OLEH PIMPINAN KPK KEPADA YANG BERSANGKUTAN   BKN SEBUT KPK AKAN SAMPAIKAN KEPUTUSAN ATAS NASIB 75 PEGAWAI YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT (TMS) USAI MENGIKUTI TWK   PEMKAB SABU RAIJUA ALOKASIKAN RP 1,9 MILIAR UNTUK BIAYA PENYELENGGARAAN PENGAWASAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG   ANGKASA PURA II: PENIADAAN MUDIK BERJALAN OPTIMAL, PENERBANGAN TURUN 90 PERSEN   JELANG IDUL FITRI, KKP SIAPKAN STIKER KHUSUS UNTUK JAMIN KELANCARAN LOGISTIK SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN   KKP AKAN PERCEPAT KAJIAN PENERAPAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK DENGAN SKEMA PASCAPRODUKSI   DENSUS 88 ANTITEROR POLRI TANGKAP BURON TERORIS YUSUF ISKANDAR ALIAS JERRY DI SUKABUMI, JABAR   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: JIKA MUTASI VIRUS KORONA DIBIARKAN, BISA BERDAMPAK BURUK BAGI PENANGANAN PANDEMI   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: TEMPAT WISATA YANG BUKA SAAT LEBARAN WAJIB BATASI PENGUNJUNG DAN JAM OPERASIONAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT TAK LAGI MEMBUAT KERUMUNAN DI MASA PANDEMI   SATGAS MINTA LARANGAN ASN DAN PEJABAT GELAR "OPEN HOUSE" IDUL FITRI SEGERA DITIDAKLANJUTI KEPALA DAERAH   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KALAU TAK HATI-HATI, KASUS COVID-19 BISA TIBA-TIBA MELEDAK