Kompas TV cerita ramadan panduan

Awal Mula Sajadah dan Cara Merawatnya

Kompas.tv - 10 April 2021, 17:42 WIB
awal-mula-sajadah-dan-cara-merawatnya
Ilustrasi sajadah (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Bagi sebagian besar umat muslim, sajadah merupakan salah satu alat yang tak boleh ketinggalan saat hendak menjalankan ibadah keagamaannya.

Alas untuk salat ini memiliki beragam jenis berdasarkan bahan yang digunakan, ukurannya, hingga corak atau motifnya.

Dikutip dari Kompas.com, kata sajadah sendiri berasal dari Bahasa Arab, yakni sajada yang memiliki arti masjid dan sujud.

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Ini Persiapan yang Bisa Dicoba agar Masak Jadi Praktis dan Cepat

Lantas apakah berarti sajadah yang kita kenal selama ini berasal dari daratan Arab?

Awal Mula Munculnya Sajadah

Dalam laman Thenationalnews, disebutkan bahwa asal muasal sajadah berasal dari kisah Nabi Muhammad SAW yang selalu salat di atas khumrah, sejenis tikar yang terbuat dari daun palem.

Di samping itu seorang musafir muslim asal Maroko, Ibnu Batutah, menceritakan kesaksiannya dalam kitab Ibnu Batutah mengenai awal mula sajadah.

Diketahui sajadah mulai dikenal luas pada abad pertengahan, saat orang-orang di pinggiran Kairo, Mesir sering menggunakan pelepah pisang sebagai alas untuk salat Jumat di luar rumah.

Baca Juga: Kiat Olahraga Selama Bulan Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Dari situ sajadah mulai masuk ke berbagai daerah di Mesir dan berkembang mengikuti budaya dan selera seni dari masing-masing tempat tersebut.

Awalnya, desain pada sajadah kurang lebih sama antara satu dengan yang lainnya. Yakni corak seperti pintu besar yang menuju ke surga berupa mihrab dengan ceruk melengkung menyerupai pintu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x