Kompas TV nasional peristiwa

Pedagang Korban Kebakaran Gedung Blok C Pasar Minggu akan Direlokasi

Kompas.tv - 13 April 2021, 11:55 WIB
pedagang-korban-kebakaran-gedung-blok-c-pasar-minggu-akan-direlokasi
Kebakaran di Pasar Inpres dekat Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Senin (14/4/2021) malam (Sumber: Dok. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pedagang yang kiosnya terbakar di Gedung Blok C Pasar Inpres - Pasar Minggu akan diberikan tempat berjualan sementara. 

Hal ini dipaparkan oleh Pelaksana Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan ini mengatakan pedagang yang terdampak kebakaran akan diberikan tempat berjualan sementara pasca-kebakaran di Gedung Blok C Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Senin (12/4/2021) malam. 

Saat ini, pihak PD Pasar Jaya sedang mendata ulang pedagang pasar yang terdampak. 

“Pihak dari managemen PD Pasar sedang melakukan pendataan ulang akan dicoba nantinya penempatan secara teknis. Mungkin masih ada di blok-blok lain yang bisa sementara dialihkan. Nanti secara teknis PD Pasar," ujar Isnawa dalam rekaman suara yang diterima Kompas.com, Selasa (13/4/2021) pagi. 

Ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk relokasi pedagang, salah satunya di dekat Terminal Pasar Minggu. 

Baca Juga: Kebakaran Pasar Minggu, IKAPPI Minta Pemprov DKI Buat Lapak Sementara Karena Pembeli Lagi Ramai

Isnawa meminta pihak PD Pasar agar bisa sesegera mungkin memindahkan tempat berdagang para pedagang yang terdampak dari kebakaran agar mereka dapat berdagang lagi. 

Sebelumnya, melalui rilis tertulis, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri, meminta pemkot DKI Jakarta untuk segera mempercepat proses pemindahan pedagang agar bisa segera berjualan kembali. 

IKAPPI juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan ganti rugi atas kebakaran yang terjadi. 

Setidaknya, ada 389 tempat usaha atau kios yang terbakar di Gedung Blok C Pasar Minggu. Kebanyakan pedagang yang berjualan di Gedung Blok C ialah pedagang sembako. 

“Rata-rata informasi dari pihak pasar dan Lurah kebanyakan pedagang sembako. Mereka jual buah-buahan, sayur mayur, telur, daging dan lain-lain," kata Isnawa. 

Sementara ini, Isnawa mengimbau para pedagang untuk tidak memasuki gedung pasca-kebakaran. 

Hal ini karena struktur bangunan Gedung Blok C Pasar Minggu sudah berusia lebih dari 25 tahun dan dinilai rapuh serta berpotensi untuk roboh.

“Karena dampaknya api yang meresap, sekali lagi saya ingatkan jangan sampai ada kejadian misalnya ada pedagang yang masuk dan tertimpa reruntuhan dari bangunan pasar,” kata Isnawa. 

Kebakaran terjadi di Gedung Blok C Pasar Minggu pada Senin, (12/4/2021) malam. 

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta akhirnya mengerahkan 31 unit mobil pompa dan 129 pemadam kebakaran, ditambah dengan satu unit robot pemadam kebakaran LUF 60. 

Api berasal dari lantai basement Gedung Blok C Pasar Minggu. Tak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

Baca Juga: Kebakaran Pasar Minggu, Banyak Barang Dagangan Tak Bisa Diselamatkan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x