Kompas TV cerita ramadan panduan

Ikuti Cara-Cara Ini Kalau Kamu Ingin Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan, Insya Allah Manjur

Kompas.tv - 13 April 2021, 15:05 WIB
ikuti-cara-cara-ini-kalau-kamu-ingin-khatam-al-quran-di-bulan-ramadan-insya-allah-manjur
Ilustrasi membaca Al Quran. (Sumber: KOMPAS.com/Daspriani Y Zamzami)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

 

 

SOLO, KOMPAS.TV - Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat muslim di dunia. Bulan ini diyakini sebagai bulan istimewa, pasalnya di bulan inilah Al-Quran diturunkan yakni tepat pada 24 Ramadan.

Sehingga rajin membacanya di bulan ini merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan berkah dan pahala.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa, Lakukan Sebelum Berbuka

Itulah yang menjadi alasan umat Muslim untuk bisa lebih giat beribadah di bulan yang penuh keberkahan ini. Salah satu ibadah yang biasa dilakukan adalah tadarus Al-Quran.

Kegiatan membaca Al-Quran bersama dengan fasih dan tartil serta memahami kandungannya. Tidak sedikit kemudian dari kegiatan membaca Al-Quran tersebut umat muslim ingin membaca tamat atau khatam, minimal satu kali.

Berikut Kompas.TV rangkum cara mudah untuk khatam Al-Quran pada bulan Suci Ramadan.

  • Mantapkan Niat

Memacu diri agar dapat membaca Al-Quran hingga khatam lebih dulu perlu dikuatkan sedari niat. Niat yang ditanamkan tentu hanya untuk mencapai ridha Allah SWT semata. 

Dari niat kemudian bisa tahu, berapa kali target khatam yang diinginkan. Barangkali kamu ingin melakukannya lebih dari satu kali.

  • Satu Hari, Satu Juz

Jika niat sudah utuh, maka mulailah untuk membaca Al-Quran satu hari satu juz. Luangkan waktu setelah salat untuk membacanya, minimal 2 lembar. Jika dilakukan konsisten, setiap harinya kamu akan membaca minimal 10 lembar.

  • Manfaatkan Aplikasi Al-Quran di Ponsel

Aplikasi ini akan cukup membantumu ketika lupa membawa Al-Quran ke tempat kerja atau sedang dalam perjalanan. Bahkan, waktu luang di perjalanan bisa dimanfaatkan untuk membaca ayat Al-Quran.

  • Tetap Konsisten

Niat sudah kuat kadang suka ada aja hambatannya di tengah jalan. Nah untuk memperkuat tekad, kamu perlu membangun konsistensi.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengingat kembali kebesaran bulan Ramadan. Mengingat bagaimana kamu masih diberi kesempatan untuk meningkatkan spiritual di bulan suci ini.

  • Tadarus Bersama

Biasanya kebersamaan memang bisa banget mengembalikan semangat yang mungkin sudah mulai luntur.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengajak teman atau saudara yang sama-sama memiliki keinginan untuk khatam Alquran di bulan Ramadan. Lakukanlah proses tadarusmu bersama atau mungkin bisa dengan saling mengingatkan.

Itulah tadi cara mudah untuk khatam Al-Quran di bulan Ramadan. Semoga membantu. Insya Allah manjur!

Baca Juga: Wajib Tahu nih, Adab dan Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x