Kompas TV cerita ramadan panduan

Muhammadiyah Mulai Salat Tarawih Malam Ini, Rakaatnya 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1, Kamu Pilih Mana?

Kompas.tv - 12 April 2021, 07:26 WIB
muhammadiyah-mulai-salat-tarawih-malam-ini-rakaatnya-4-4-3-atau-2-2-2-2-2-1-kamu-pilih-mana
Ilustrasi Salat Tarawih berjamaah yang dilakukan Muhammadiyah. (Sumber: muhammadiyah.or.id)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Muhammadiyah mulai melakukan Salat Tarawih pada Senin (12/4/2021) malam nanti. Salat Tarawih sendiri merupakan salah satu ibadah yang paling khas saat Ramadhan selain dari ibadah puasa yang dilakukan.

Berbeda dengan ibadah puasa, ibadah tarawih membuka berbagai perbedaan cara (kaifiyah) di antara berbagai golongan umat Islam yang ada.

Lantas, bagaimana pelaksanaan ibadah tarawih menurut Muhammadiyah?

Baca Juga: Hayo, Siapa yang Masih Punya Utang Puasa Ramadhan? Begini Ketentuan Waktu Membayarnya

Di Muhammadiyah setidaknya ada dua cara Salat Tarawih. Wakil Ketua Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Tri Sundani menjelaskan bahwa pada prinsipnya Salat Tarawih sama halnya dengan salat malam sehingga umat Islam wajib berlapang dada dengan perbedaan cara yang ada.

Imam mazhab seperti Imam Syafi’i, Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad bin Hambal misalnya melakukan salat tarawih dengan 20 rakaat dengan satu witir.

Sementara itu Imam Malik melakukan 36 rakaat dengan ditutup salat witir.

Menurut Agus, beberapa ulama atsar dan sahabat Nabi bahkan ada yang tidak membatasi jumlah rakaat Salat Tarawih.

“Salat Tarawih itu kan disebut sebagai salat lail (salat malam), atau kalau bangun tidur disebut sebagai salat tahajud, kalau dilaksanakan di bulan Ramadhan disebut dengan tarawih karena ada jeda istirahatnya,” terang Agus seperti dikutip dari laman muhammdiyah.or.id, Senin (12/4/2021).

Muhammadiyah menurut Agus memilih mengikuti tata cara yang dilakukan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam yakni Salat Tarawih dengan dua macam pilihan caranya yakni:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x