Kompas TV video sinau

Langkah Mitigasi Gempa Bumi: Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.tv - 11 April 2021, 20:41 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Wilayah Indonesia masuk dalam daerah rawan bencana terutama gempa bumi, karena dilalui jalur Cincin Api. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi.

Untuk itu, penting untuk memahami langkah mitigasi untuk menghadapi gempa bumi.

Apa saja yang harus dilakukan?

Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Persiapan sebelum terjadi bencana penting untuk dilakukan sebagai langkah antisipasi jika bencana datang.

Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain memperhatikan daerah rawan gempa bumi di sekitar, lalu kenali jalur evakuasi di lingkungan rumah atau kantor, serta siapkan tas siaga bencana di rumah.

Saat Terjadi Gempa Bumi

Jika berada di dalam bangunan, hal-hal yang bisa dilakukan di antaranya berlindung di bawah meja untuk menghindari reruntuhan, gunakan tangga darurat untuk evakuasi keluar, dan ikuti instruksi evakuasi petugas keamanan.

Jika berada di luar bangunan, jangan lupa untuk memperhatikan tempat berpijak dan hindari berdiri di dekat tiang, pohon, atau bangunan yang rawan roboh.

Jika terjadi gempa saat sedang berkendara, segera turun, keluar, dan menjauh dari kendaraan.

Jangan lupa untuk menjauhi area pantai untuk menghindari bahaya tsunami, dan menghindari area yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa Bumi

Hal-hal yang bisa dilakukan setelah terjadi gempa bumi di antaranya tetap waspada terhadap gempa bumi susulan, kemudian perhatikan reruntuhan yang membahayakan pada saat evakuasi, dan tetap ikuti instruksi dan informasi resmi dari pihak yang berwenang.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x