Kompas TV entertainment musik

Sosok di Balik Lagu Ampun Bang Jago yang Mendunia

Sabtu, 10 April 2021 | 19:19 WIB
sosok-di-balik-lagu-ampun-bang-jago-yang-mendunia
Jonathan Dorongpangalo dan Everly Salikara. (Sumber: kompas.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lantunan lagu Ampun Bang Jago hingga saat ini tetap digandrungi oleh anak muda. Bukan hanya di Indonesia tetapi hingga mancanegara. 

Lagu tersebut adalah hasil karya dari dua musisi asal Bitung, Jonathan Dorongpangalo (23) dan Everly Salikara (22). Ampun Bang Jago makin dikenal berkat banyaknya pengguna Tiktok yang memakai lagu tersebut. 

Melansir dari halaman Kompas.id (26/1/2021), Tian dan Ever, sapaan akrab mereka, setuju bahwa TikTok adalah "buzzer" yang membuat lagu mereka terkenal.

“Pihak TikTok sempat hubungi kami, mereka masukkan lagu kami di headline mereka. Dari enam lagu (Indonesia) yang paling banyak dipakai di TikTok, cuma dua lagu yang orisinal, 'Lathi' dan 'Ampun Bang Jago'. Lainnya lagu remix,” kata Tian.

Baca Juga: Aksi Senam Aerobik dengan Latar Belakang Konvoi Militer Kudeta Myanmar, Ada Lagu “Ampun Bang Jago”

Bahkan saat terjadi kudeta di Myanmar tersebut digunakan guru olahraga di Myanmar, Khing Hnin Wai sebagai lagu pengiring senam aerobik di depan gerbang Kompleks Parlemen Myanmar di Naypydaw.

Kala itu Khing Hnin Wai tengah merekam video senam aerobik yang ia lakukan untuk mengikuti sebuah kompetisi. Tanpa ia sadari, sejarah besar tengah berlangsung di belakangnya saat sejumlah kendaraan taktis militer milik Tatamadaw (angkatan bersenjata Myanmar) memasuki gerbang Kompleks Parlemen dalam suatu proses kudeta militer.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:59
POLISI MASIH BURU SATU BANDAR NARKOTIKA DI KAMPUNG AMBON, CENGKARENG, JAKARTA BARAT   JELANG LEBARAN, KETUA KPC PEN AIRLANGGA HARTARTO: KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN KE INDONESIA CAPAI 49.682 ORANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: JUMLAH PENUMPANG ANGKUTAN DARAT, LAUT, DAN UDARA TURUN SIGNIFIKAN SEJAK LARANGAN MUDIK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT TINGGAL PENERIMA   HINGGA HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, POLISI SEBUT SEBANYAK 104.370 KENDARAAN DIMINTA PUTAR BALIK   MENHUB BUDI KARYA SUMADI MEMPREDIKSI 3,6 JUTA PEMUDIK AKAN KEMBALI SAAT ARUS BALIK DUA HARI SETELAH LEBARAN   KEMENHUB PASTIKAN TAK ADA PENERBANGAN CARTER DARI LUAR NEGERI BAGI TENAGA KERJA ASING SELAMA LARANGAN MUDIK   MENHUB USUL PEMBERIAN TES COVID-19 GRATIS KEPADA MEREKA YANG MELAKUKAN PERJALANAN MELALUI JALUR DARAT   MENHUB PASTIKAN ANGKUTAN LOGISTIK BERJALAN NORMAL MESKI ADA KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI 2021   MENHUB: JUMLAH PERGERAKAN PENUMPANG SELAMA 6-9 MEI 2021 TURUN HINGGA 77% DI SEMUA MODA TRANSPORTASI   MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00-21.00 WIB SELAMA LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021    BELUM TEMUKAN PENULARAN COVID-19 DI BIOSKOP, PEMKOT TANGSEL PERTIMBANGKAN PELONGGARAN KAPASITAS PENONTON    TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN    HINGGA 10 MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.718.575 ORANG, 1.574.615 SEMBUH, DAN 47.218 MENINGGAL DUNIA