Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Akhirnya, KKP Resmi Larang Ekspor Benih Lobster

Jumat, 9 April 2021 | 08:00 WIB
akhirnya-kkp-resmi-larang-ekspor-benih-lobster
Benih lobster senilai Rp 37 miliar yang berhasil digagalkan penyelundupannya oleh pemerintah di Jambi pada Kamis (18/4/2019) (Sumber: Dok. KKP)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) resmi melarang ekspor benih lobster. KKP hanya memperbolehkan ekspor lobster serta tangkapan laut dengan standar ukuran konsumsi.

Keputusan KKP ini untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Ombudsman RI. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP memastikan, pihaknya akan bersiaga mengawal agar tidak ada benih lobster yang ke luar negeri secara ilegal.

"Pak Menteri Kelautan dan Perikanan sudah bersurat kepada Bapak Kapolri untuk menjaga agar benih lobster tidak keluar secara ilegal. Agar dapat fokus pada budidaya lobster yang menyejahterakan masyarakat kelautan Indonesia," kata Rina dalam keterangan tertulisnya, Kamis (08/04/2021).

Baca Juga: Petugas Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster yang Ditulis Keterangan Paket Makanan

Sebelumnya, Ombudsman lebih dulu menyampaikan hasil Rapid Assessment terkait Tata Kelola Ekspor Benih Bening Lobster (BBL).

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menyatakan, latar belakang dilaksanakannya kajian ini adalah hasil deteksi dini dan penelusuran informasi oleh Ombudsman RI, yang mengarah pada munculnya empat potensi maladministrasi.

"Pertama, adanya diskriminasi pemenuhan kriteria sebagai nelayan penangkap BBL serta proses penetapan eksportir BBL dan nelayan BBL. Kedua, adanya permintaan imbalan pada pemenuhan persyaratan teknis penetapan eksportir BBL dan penetapan nelayan penangkap BBL," ungkap Yeka.

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:02
BPOM: IZIN PENGGUNAAN VAKSIN SPUTNIK V DITARGETKAN KELUAR AKHIR APRIL 2021   HIU DAN PARI TERANCAM PUNAH, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN UPAYAKAN KELOLA SUMBER DAYA PERIKANAN   KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA BERBIAYA RP 800 JUTA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: ANGGARAN PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RP 28 MILIAR   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR    BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM    IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC