Kompas TV nasional kesehatan

3 Vaksin Gotong Royong di Indonesia: Sputnik V dari Rusia, Sinopharm dan CanSino dari China

Kompas.tv - 8 April 2021, 18:18 WIB
3-vaksin-gotong-royong-di-indonesia-sputnik-v-dari-rusia-sinopharm-dan-cansino-dari-china
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: SHUTTERSTOCK/PalSand REUTERS via BBC INDONESIA)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - PT Bio Farma mengatakan, jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi Gotong Royong di Indonesia adalah Spuntik V dari Rusia, Sinopharm dan CanSino, keduanya dari China.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rapat kerja Komisi IX secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Saat ini PT Bio Farma tengah melakukan diskusi dan negosiasi dengan para produsen vaksin tersebut terkait komitmen jumlah dan jadwal kedatangan vaksin Covid-19 ke Indonesia.

Baca Juga: Bio Farma Telah Siapkan Vaksin Buatan China dan Rusia untuk Vaksinasi Gotong Royong

Berikut adalah rincian jumlah dan jadwal kedatangan vaksin-vaksin tersebut.

Sputnik V

Vaksin Sputnik V dari Rusia, Honesti menjelaskan saat ini masih dalam proses registrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kendati demikian, produsen vaksin ini sudah berkomitmen akan mengirimkan 20 juta dosis vaksin ke Indonesia.

"Setelah EUA dari Badan POM keluar, di akhir minggu ke-4 April, di awal Mei 2021 dimulai perbulannya 5 juta dosis sampai nanti ke bulan Juli, sehingga total yang akan mendapat suplai dari sputnik ini sebesar 20 juta dosis," kata Honesti.

Sinopharm

Honesti Basyir menjelaskan, vaksin Sinopharm menggunakan teknologi yang sama dengan vaksin Sinovac yaitu inactivated dan memiliki interval atau jarak penyuntikan dosis vaksin selama 21 hari.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x