Kompas TV internasional kompas dunia

Normalisasi Hubungan Diplomatik Dengan UEA, Ekspor Berlian Mentah Israel Naik 66,4 Persen

Kompas.tv - 7 April 2021, 18:07 WIB
normalisasi-hubungan-diplomatik-dengan-uea-ekspor-berlian-mentah-israel-naik-66-4-persen
Pesawat maskapai Etihad Airways mendarat di Bandara Ben Gurion Israel dekat Tel Aviv dalam penerbangan komersial berjadwal pertama dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), 6 April 2021 (Sumber: Xinhua/JINI/Tomer Neuberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Ekspor berlian mentah Israel meningkat 66,4 persen secara tahunan (year on year) pada kuartal pertama (Q1) 2021, bangkit dari kontraksi tajam pada 2020 yang disebabkan pandemi Covid-19. Demikian ungkap Kementerian Perindustrian Israel, Selasa (06/04/2021).

Dari Januari hingga Maret 2021, ekspor berlian mentah Israel mencapai 389,8 juta dolar AS, naik jika dibandingkan 234,3 juta dolar AS yang tercatat selama periode yang sama tahun lalu.

Pihak kementerian juga menjelaskan, peningkatan ini sebagian besar didorong oleh pembelian berlian mentah Uni Emirat Arab dari Israel, setelah kedua negara sepakat melakukan normalisasi hubungan pada September 2020 lalu.

Orang-orang ambil bagian dalam Pekan Berlian Internasional yang diadakan di pusat jual beli berlian Israel Diamond Exchange di Ramat Gan, Israel, 10 Februari 2020. (Sumber: Xinhua/Chen Wenxian)

Pada kuartal pertama, ekspor berlian mentah Israel ke UEA mencapai sekitar 56 juta dolar AS, atau 14,4 persen dari total ekspor berlian mentah Israel.

Dengan didukung teknologi canggih dan para ahli berpengalaman, Israel merupakan salah satu pusat perdagangan, pemotongan, dan pemolesan berlian terbesar di dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x