Kompas TV regional peristiwa

Cuaca Buruk Hambat Tim SAR Masuki Area Banjir di Larantuka NTT

Senin, 5 April 2021 | 18:38 WIB

NTT, KOMPAS.TV - Banjir bandang yang menerjang di Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur, mengakibatkan puluhan orang meninggal dan ratusan rumah hancur.

Hingga hari ini tim SAR dan pengiriman bantuan masih terkendala cuaca dan akses jalan yang rusak parah menuju lokasi banjir di Kabupaten Flores Timur.

Dari video amatir yang direkam oleh warga, evakuasi korban banjir yang tertimbun material bangunan terus dilakukan secara manual oleh warga dengan bergotong-royong.

Selain menelan korban jiwa, puluhan rumah di Desa Nele Lamadike beserta berbagai barang berharga milik warga setempat juga ludes diterjang longsor.

Sejumlah warga terdampak banjir di Pulau Adonara tepatnya di Desa Waiburak meminta bantuan pemerintah pusat dan daerah agar cepat melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak material longsor.

Warga tak bisa berbuat banyak karena untuk melakukan evakuasi membutuhkan alat berat.

Sementara itu akibat cuaca buruk, anggota tim SAR Maumere yang akan berangkat menuju Adonara untuk membantu pencarian dan evakuasi korban banjir bandang terhambat dan harus turun di pelabuhan terdekat dan melanjutkan dengan perjalanan darat.

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 4 hari belakangan, membuat semua pelayaran dihentikan sementara.

Hal ini dilakukan karena kondisi gelombang yang cukup tinggi.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:38
TIM DAYUNG KAYAK INDONESIA YAKIN LOLOS KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO   TIM KANADA MUNDUR DARI KUALIFIKASI SENAM OLIMPIADE TOKYO DENGAN ALASAN MASIH ADANYA PANDEMI KORONA   WHO BERI DUKUNGAN BAGI PELAKSANAAN OLIMPIADE TOKYO PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   UNI EROPA SEPAKAT TAMBAH 1,8 MILIAR DOSIS VAKSIN BUATAN BIONTECH/PFIZER   PEMUSATAN LATIHAN SEPAK BOLA TIMNAS THAILAND DIHENTIKAN SETELAH 2 PEMAIN PUTRA & 1 PEMAIN PUTRI POSITIF COVID-19   TOTTENHAM HOTSPUR KALAH 1-3 DARI LEEDS UNITED DALAM PEKAN KE-35 LIGA INGGRIS DI STADION ELLAND ROAD   STRIKER ASAL BRASIL, NEYMAR JR, PERPANJANG KONTRAK DI PARIS SAINT-GERMAIN HINGGA 2025   SEBANYAK 40 ORANG MENINGGAL AKIBAT LEDAKAN DI LUAR SEKOLAH DI KABUL, AFGHANISTAN   PAKISTAN HAPUS LIBUR IDUL FITRI GUNA CEGAH LONJAKAN KASUS POSITIF COVID-19   AUSTRALIA TUTUP PERBATASAN DARI PENGUNJUNG ASING HINGGA AWAL 2022   SINGAPURA TINJAU KEMBALI "TRAVEL BUBBLE" DENGAN HONG KONG AKIBAT KENAIKAN KASUS COVID-19   SEBANYAK 56 WARGA PERUMAHAN RSS SIDOKERTO, PATI, JATENG, POSITIF COVID-19   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA PENGAWASAN KAPAL ASING MASUK KE JATENG DIPERKETAT   BPTJ MINTA TAMBAHAN PERSONEL UNTUK PENYEKATAN TOL SELAMA LARANGAN MUDIK GUNA CEGAH ANTREAN PANJANG