Kompas TV internasional kompas dunia

3 Tradisi Paling Unik Perayaan Jumat Agung di Berbagai Negara

Kompas.tv - 2 April 2021, 13:45 WIB
3-tradisi-paling-unik-perayaan-jumat-agung-di-berbagai-negara
Ilustrasi Jumat Agung yang jatuh besok, Jumat, 2 April 2021. (Sumber: Unsplash/Alicia Quan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPASTV - Jumat Agung merupakan hari Jumat sebelum Minggu Paskah yang diperingati atas penyaliban Yesus Kristus. Momen yang jatuh pada Jumat (2/4/2021) ini diperingati begitu khusyuk oleh umat Kristiani.

Tidak hanya di Indonesia, peringatakan Good Friday ini juga dirayakan oleh umat Kristiani di seluruh dunia dengan berbagai macam tradisi. Ada yang unik banget! penasaran? berikut tiga tradisi paling unik perayaan Jumat Agung dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Ini Makna Jumat Agung yang Jatuh Besok 2 April 2021

1. Prosesi memanggul salib di Yerusalem

Dilansir dari Kompas.com, peringatan Jumat Agung di Yerusalem dilakukan sangat sakral mengingat kota tersebut merupakan lokasi Yesus di hukum mati.

Para peziarah yang mengikuti upacara memanggul salib dan berjalan ke Bukit Golgota. Setelah itu, peziarah juga mengikuti prosesi tradisi malam ketika Yesus dikuburkan.

2. Memeragakan Yesus disiksa di Meksiko

Dilansir dari Esquire, perayaan yang dilakukan di Iztapalapa, sebuah distrik di Meksiko begitu totalitas. Yesus diperankan oleh orang sungguhan dan disiksa menggunakan darah palsu.

Sebelumnya,  orang tersebut sudah diberi pelatihan secara fisik dan psikologis selama kurang lebih satu tahun untuk perayaan Jumat Agung.

Baca Juga: Perayaan Jumat Agung dan Paskah, 5.590 Personel Gabungan TNI Polri Siap Amankan Gereja di Jakarta

3. Menerbangkan layangan di Bermuda

Berbeda dengan negara lain yang melakukan perayaan secara realistis, di Bermuda seorang guru mengibaratkan layangan sebagai gambaran Yesus terangkat ke surga. 

Sehingga pada hari Jumat Agung, langit negara tersebut dipenuhi oleh layangan dengan berbagai warna.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x