Kompas TV tekno internet

Jaringan 5G Segera Hadir, Ini Wilayah-wilayah di Indonesia yang Akan Dapat Lebih Dulu

Kompas.tv - 1 April 2021, 22:00 WIB
jaringan-5g-segera-hadir-ini-wilayah-wilayah-di-indonesia-yang-akan-dapat-lebih-dulu
Ilustrasi 5G. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan wilayah-wilayah di Indonesia yang akan mendapat jaringan 5 lebih dulu. Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Tak hanya soal jaringan 5G, dalam peraturan tersebut juga tertulis upaya peningkatan cakupan layanan 4G ke seluruh desa di Tanah Air.

Rencana implementasi jaringan generasi kelima tersebut, menurut Kominfo harus didukung dengan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Setelah infrastruktur tersedia, Kominfo akan fokus menggelar 5G di 13 kota yakni Ibu Kota Negara (IKN), enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa, lima Destinasi Wisata Super Prioritas, dan satu industri manufaktur.

Menurut Kominfo, pemilihan lokasi tersebut sebagai pilot project karena dianggap layak, baik dari potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

Baca Juga: Gunakan Teknologi 5G, Pasien di Xinjiang China Jalani Operasi Mata Jarak Jauh

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain," tulis Kominfo.

Proses implementasi 5G ini ditargetkan rampung pada 2024 mendatang. Kominfo juga menargetkan wilayah Ibu Kota Negara sudah 100 persen tercakup jaringan 4G hingga 100 persen pada tahun yang sama.

Kominfo juga akan membahas perencanaan implementasi 5G tersebut bersama dengan pemangku kepentingan lainnya agar ada kepastian hukum pada masing-masing sektor yang terlibat.

Selain itu, proses ini juga dilakukan untuk meminimalisasi adanya potensi perselisihan antar sektor.

"Kebijakan yang perlu dilakukan Kominfo adalah menyediakan infrastruktur jaringan broadband yang memadai, yang dapat mendukung implementasi teknologi 5G untuk seluruh wilayah Ibu Kota Negara," tulis Kominfo.

Baca Juga: Fokus Bisnis 5G, Nokia akan Pangkas 10.000 Karyawan

Meski begitu, belum dijelaskan pula terkait frekuensi mana yang akan digunakan untuk jaringan 5G tersebut.

Tahun lalu, Kominfo pernah berkata akan menggelar jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2021 ini. Lelang pun dibuka Kominfo untuk frekuensi 2,3 Ghz yang disebut akan digunakan untuk jaringan 5G.

Namun, proses lelang itu pun batal dan Kominfo mengatakan frekuensi 2,3 Ghz itu bukan bertujuan menggelar jaringan 5G di Indonesia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x