Kompas TV regional berita daerah

Masuki Panen Raya, Harga Gabah Anjlok

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 07:15 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Sejumlah petani di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, mengeluhkan anjloknya harga gabah yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Petani menduga, merosotnya harga gabah ini, karena tengah terjadi panen raya di sejumlah daerah.

 

Petani juga menduga, kondisi diperparah dengan adanya polemik isu pemerintah yang akan melakukan impor beras sebanyak satu juta ton beras. Petani juga heran dengan wacana impor beras, karena saat ini banyak daerah yang sedang panen raya dan stok gabah menumpuk.

 

Petani mengatakan, sebelumnya harga gabah kering mencapai enam ribu rupiah dan gabah basah per kilonya empat ribu rupiah. Namun karena panen raya terjadi di beberapa daerah, harga gabah turun menjadi tiga ribu lima ratus rupiah per kilogram untuk gabah basah dan gabah kering berkisar empat ribu lima ratus rupiah per kilogram. 

 

Menurut petani dengan harga yang terjadi saat ini baru cukup untuk mengembalikan biaya tanam dan pemupukan hanya sedikit keuntungan. Petani berharap pemerintah terjun ke lapangan untuk melakukan penyerapan gabah ke petani langsung agar harga gabah bisa terdongkrak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x