Kompas TV nasional berita utama

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Komisi VII Panggil PT Pertamina untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP)

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 16:02 WIB
kilang-minyak-balongan-terbakar-komisi-vii-panggil-pt-pertamina-untuk-rapat-dengar-pendapat-rdp
Sejumlah warga menjauh dari lokasi terbakarya kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dinihari tadi. (Sumber: Tribuncirebon/Handika Rahman)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Eddward S Kennedy

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi VII DPR RI yang membidangi Energi, Riset dan Teknologi, serta Lingkungan Hidup akan memanggil Direksi Pertamina dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP). Pemanggilan dilakukan terkait terbakarnya tanki di kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

“Komisi VII akan panggil Direksi Pertamina dalam rapat dengar pendapat, agar dapat masukan yang komprehensif, detail terkait kebakaran Balongan, dan akan segera kami laporkan pada masyarakat,” ujar Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno, Senin (29/3/2021)

Eddy menuturkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan PT Pertamina pasca-insiden terbakarnya tanki di kilang minyak Balongan. Eddy meminta, PT Pertamina segera melakukan investigasi penyebab kebakaran tersebut.

Baca Juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Dirut PT Pertamina Klaim Tidak Ada Korban Jiwa

“Kami telah minta konfirmasi kepada Pertamina untuk investigasi penyebab musibah yang melanda kilang Balongan,” kata Eddy.

Tak hanya itu, Eddy menambahkan Komisi VII DPR RI juga meminta PT Pertamina memberikan penanganan optimal kepada korban terdampak kebakaran tanki kilang minyak di Balongan. Termasuk, sambung Eddy, memulihkan infrastruktur di kilang minyak yang terdampak.

“Kami juga meminta agar menangani dan merawat mereka yang terdampak luka dan segera meredam permasalahan yang berada di sekitar kawasan yang terbakar,” ujar Eddy Soeparno.

Baca Juga: Ini Sejarah Pertamina, BUMN Pemilik dan Pengelola Kilang Minyak Balongan

“Dan memulihkan infrastruktur yang terdampak karena fungsinya sangat vital bagi pasokan BBM nasional, juga mencegah agar jangan sampai masalah yang sama terulang kembali,” ujarnya.

Sebagai informasi, Senin dini hari kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar. Hingga kini, Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengaku pihaknya belum menemukan penyebab terjadinya kebakaran.

Nicke menuturkan, pihaknya masih melakukan investigasi penyebab kebakaran bersama pihak berwenang.

Baca Juga: Warga Balongan Sebut Ada Ledakan Dua Kali Sebelum Kilang Minyak Terbakar

Memperbarui informasi, data terbaru 6 korban luka yang terdampak kebakaran kilang minyak di Balongan sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Pertamina Pusat. Pemindahan itu dilakukan untuk bisa mendapatkan perawatan yang maksimal.

Sementara itu, data BNPB menyatakan masih ada 3 orang yang belum ditemukan akibat ledakan dan kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x