Kompas TV internasional kompas dunia

Parlemen Negara Bagian New York Resmi Legalkan Ganja Untuk Rekreasi

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 23:59 WIB
parlemen-negara-bagian-new-york-resmi-legalkan-ganja-untuk-rekreasi
Dalam file foto 13 Desember 2017 ini, James MacWilliams memangkas tanaman ganja yang dia tanam di dalam ruangan di Portland, Maine. New York siap bergabung dengan semakin banyak negara bagian yang telah melegalkan ganja setelah anggota parlemen negara bagian itu mencapai kesepakatan dalam proses persetujuan hingga larut malam, mengizinkan penjualan ganja untuk rekreasi, seperti dilansir Associated Press, Minggu (28/03/2021) (Sumber: AP Photo/Robert F. Bukaty, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo

ALBANY, KOMPAS.TV - New York siap bergabung dengan semakin banyak negara bagian yang telah melegalkan ganja setelah anggota parlemen negara bagian itu mencapai kesepakatan dalam proses persetujuan hingga larut malam, mengizinkan penjualan ganja untuk rekreasi, seperti dilansir Associated Press, Minggu (28/03/2021)

Partai Demokrat yang sekarang memegang hak suara mayoritas di Badan Legislatif negara bagian memprioritaskan pengesahan RUU Ganja tahun ini, dan pemerintahan Gubernur dari partai Demokrat Andrew Cuomo memperkirakan legalisasi ganja dapat menghasilkan sekitar 350 juta dolar pendapatan per tahun bagi negara bagian itu.

“Tujuan saya dalam menjalankan UU ini adalah untuk mengakhiri pembedaan perlakuan secara rasial dalam penegakan larangan ganja, yang telah merugikan komunitas kulit berwarna di seluruh negara bagian kita, dan menggunakan rejeki nomplok secara ekonomi dari legalisasi ganja ini untuk membantu menyembuhkan dan memperbaiki komunitas yang sama," kata Senator Liz Krueger, sponsor RUU yang juga ketua komite keuangan Senat negara bagian New York.

Setidaknya 14 negara bagian lain telah mengizinkan penduduknya membeli ganja untuk rekreasi dan bukan hanya untuk keperluan medis, tetapi upaya New York untuk mengesahkan legalisasi ganja gagal beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: RUU Kanabis Rampung, New York akan Segera Legalkan Ganja untuk Rekreasi


UU tersebut akan memungkinkan penjualan ganja rekreasi kepada orang dewasa di atas usia 21 tahun dan mengatur proses perizinan untuk pengiriman produk ganja ke pelanggan.

Penduduk New York secara individu juga diijinkan menanam untuk konsumsi pribadi hingga tiga tanaman dewasa dan tiga tanaman belum menghasilkan, dan pemerintah daerah dapat melakukan pungutan dari penjualan eceran.

Undang-undang tersebut akan segera berlaku setelah disahkan, meskipun penjualan tidak akan dimulai sampai New York menetapkan aturan pelaksana dan penetapan Dewan Ganja.

Proses itu bisa memakan waktu 18 bulan hingga dua tahun untuk bisa melihat adanya toko-toko yang menjual ganja.

Adam Goers, wakil presiden Columbia Care, penyedia ganja medis New York yang tertarik untuk memasuki pasar rekreasi, mengatakan sistem yang diusulkan New York akan "memastikan pendatang baru memiliki celah di pasar" bersama dengan penyedia ganja medis yang ada di negara bagian.

“Ada kue besar di mana banyak orang yang berbeda dapat menjadi bagian darinya,” kata Goers.

Baca Juga: Selangkah Lagi Meksiko Sahkan Ganja Untuk Rekreasi, Keperluan Medis, dan Penelitian Ilmiah

Berdasarkan UU baru, sebagian penghasilan pajak dari penjualan ganja akan diinvestasikan kembali di komunitas marjinal. (Sumber: BBC)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x