Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Uighur di Turki Protes Kunjungan Menlu China

Jumat, 26 Maret 2021 | 06:45 WIB
warga-uighur-di-turki-protes-kunjungan-menlu-china
Komunitas muslim Uighur yang tinggal di Turki memprotes kunjungan Menlu China ke Turki, Kamis (25/3/2021). (Sumber: Associated Press)

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Ratusan warga Uighur melakukan protes di Ankara dan Istanbul pada Kamis (25/3/2021). Mereka mengecam kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Turki dan menuntut pemerintah Turki mengambil sikap yang lebih kuat terhadap pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang.

Kerumunan warga Uighur berkumpul di Lapangan Beyazit Istanbul. Mereka memegang poster kerabat yang hilang, yang mereka yakini ditahan di kamp di China. Mereka juga meneriakkan slogan-slogan menentang Beijing.

Puluhan warga Uighur, anggota parlemen oposisi Turki dan akademisi juga berkumpul di dekat Kedutaan Besar China di Ankara, ketika Wang bertemu dengan Mevlut Cavusoglu dari Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga: Facebook: China Meretas Komputer dan Telepon Seluler Muslim Uighur

"Kami meminta Turki untuk mendukung Turkestan Timur," kata Burhan Uluyol, yang bergabung dengan protes di Istanbul. "Kami menyerukan kepada Turki untuk tidak meninggalkan orang-orang Uighur kami untuk keuntungan ekonomi."

Uighur, merupakan kelompok etnis yang berasal dari wilayah Xinjiang China. Mereka mencari perlindungan di Turki selama beberapa dekade, karena ikatan budaya mereka yang sama dengan negara tersebut.

Setelah menjadi pendukung perjuangan Uighur, Turki menjadi kurang vokal tentang penderitaan mereka dalam beberapa tahun terakhir karena mengembangkan hubungan ekonomi dengan China.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   KASUS POSITIF KORONA NAIK, OMBUDSMAN JAKARTA RAYA IMBAU PEMPROV DKI TARIK REM DARURAT PENANGANAN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS DORONG PEMERINTAH TERAPKAN LAGI PSBB GUNA TEKAN PENYEBARAN COVID-19   PANGLIMA TNI: PEMERINTAH SEDANG SIAPKAN PROGRAM 1 JUTA VAKSINASI PER HARI YANG AKAN DISEBAR DI 100 TITIK DI INDONESIA