Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Uighur di Turki Protes Kunjungan Menlu China

Jumat, 26 Maret 2021 | 06:45 WIB
warga-uighur-di-turki-protes-kunjungan-menlu-china
Komunitas muslim Uighur yang tinggal di Turki memprotes kunjungan Menlu China ke Turki, Kamis (25/3/2021). (Sumber: Associated Press)

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Ratusan warga Uighur melakukan protes di Ankara dan Istanbul pada Kamis (25/3/2021). Mereka mengecam kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Turki dan menuntut pemerintah Turki mengambil sikap yang lebih kuat terhadap pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang.

Kerumunan warga Uighur berkumpul di Lapangan Beyazit Istanbul. Mereka memegang poster kerabat yang hilang, yang mereka yakini ditahan di kamp di China. Mereka juga meneriakkan slogan-slogan menentang Beijing.

Puluhan warga Uighur, anggota parlemen oposisi Turki dan akademisi juga berkumpul di dekat Kedutaan Besar China di Ankara, ketika Wang bertemu dengan Mevlut Cavusoglu dari Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga: Facebook: China Meretas Komputer dan Telepon Seluler Muslim Uighur

"Kami meminta Turki untuk mendukung Turkestan Timur," kata Burhan Uluyol, yang bergabung dengan protes di Istanbul. "Kami menyerukan kepada Turki untuk tidak meninggalkan orang-orang Uighur kami untuk keuntungan ekonomi."

Uighur, merupakan kelompok etnis yang berasal dari wilayah Xinjiang China. Mereka mencari perlindungan di Turki selama beberapa dekade, karena ikatan budaya mereka yang sama dengan negara tersebut.

Setelah menjadi pendukung perjuangan Uighur, Turki menjadi kurang vokal tentang penderitaan mereka dalam beberapa tahun terakhir karena mengembangkan hubungan ekonomi dengan China.

Setelah pertemuannya dengan Wang, Cavusoglu men-tweet bahwa keduanya membahas potensi kerja sama ekonomi antara kedua negara. Mereka juga setuju untuk meningkatkan kerja sama melawan virus corona dan kerjasama terkait vaksin.

Cavusoglu juga mengatakan dia telah menyampaikan kepekaan dan pemikiran tentang Uighur di Turki.

Baca Juga: Uni Eropa, AS, Inggris, Kanada Beri Sanksi Pada China Karena Pelanggaran HAM Pada Muslim Uighur

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19