Kompas TV nasional sapa indonesia

Kritik Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim, PAN: Masih Pandemi Corona, Seharusnya Tak Mendesak

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 23:57 WIB

KOMPAS.TV - Rencana pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur terus berjalan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan groundbreaking pembangunan ibu kota baru bakal dilakukan secepatnya.

Pembangunan ibu kota baru akan ditandai dengan peletakan batu pertama untuk istana kepresidenan yang baru.

"Pokoknya nanti kalau sudah semuanya terpastikan, saya kira baru kita bicara soal kapannya itu, tetapi insya Allah kita berharap tahun ini kita bisa meletakkan batu pertama, kita lakukan groundbreaking di ibu kota negara," kata Suharso pada Kamis (18/3/2021).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyebut Istana Presiden mulai dibangun tahun ini, sehingga diharapkan Presiden Joko Widodo bisa melaksanakan peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota negara baru.

Suharso Monoarfa menambahkan, syarat utama pembangunan ibu kota negara baru berkaitan dengan kemampuan pengendalian pandemi covid-19 di tanah air.

Sementara, Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi menyebut infrastruktur pendukung seperti pembangunan jalan menuju Ibu Kota Negara sedang dalam persiapan.

RUU Ibu Kota Baru juga masuk dalam Prolegnas Prioritas di tahun 2021.

Fraksi PAN Guspardi Gaus pun menyebutkan jika saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi dan membutuhkan biaya besar untuk pemulihan di sektor kesehatan dan ekonomi sehingga pembangunan Ibu Kota seharusnya bukan hal yang mendesak.

Kita bahas bersama Anggota Badan Legislasi DPR dari Fraksi PDIP Arif Wibowo dan Anggota Badan Legislasi DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x