Kompas TV regional berita daerah

Pandemi Belum Berakhir, Banyak Pelaku Pariwisata Berjualan Di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Hampir seluruh pelaku bisnis , terutama yang berkecimpung di dunia pariwisata , terpukul akibat pandemi covid-19 ini . Namun ,  banyak kalangan yang sudah bisa bertahan , dengan berbagai cara yang bisa mereka lakukan , diantaranya berjualan makanan hingga tanaman di pinggir jalan kota denpasar.


 

(baik saudara saat ini saya sedang berada di jalan raya renon, dimana disepanjang jalan raya renon, dimana disepanjang jalan ini terdapat banyak sekali pedagang-pedagang yang berjualan menggunakan mobil pribadi mereka mulai dari penjualan tisu penjualan bonsai, buah2an dan banyak sekali pedagang2 lainnya,  seperti apa penjualan mereka, berikut liputannya) 

 

Jalan raya puputan , di renon denpasar yang merupakan jalan protokol pusat pemerintahan provinsi bali , saat ini terdapat puluhan pedagang dadakan , dengan menggunakan kendaraan pribadi mereka masing-masing . 

mereka sengaja memanfaatkan bahu jalan untuk berjualan , dari pukul 9 pagi hingga pukul 6 malam, bahkan ada yang berjualan hingga pukul 10 malam.

Sebagian besar dari mereka beralih profesi dari pekerjaan sebelumnya , terlebih para pelaku pariwisata hingga pekerja migran yang sudah kehilangan pekerjaannya setahun belakangan ini.


 

(suka dukanya ya, benar-benar, gimana ya benar-benar survive niki mencoba sesuatu yang baru diluar dari kebiasaan sekali ngihhh…kalo dibilang hasil kan relative..tapi kan secara nominal kerja diluar kan memang yaa lebih lah tapi kalo yang ini berjualan dipinggir jalan berjualan buah ini cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari…kadang ada petugas satpoppp gak sih sampai disweping cuma dikasi tau kalo jualan dirapiin dagangannya tidak boleh berserakan intinya dirapiin lah biar ditata…iya sering ada himbauan untuk protokol kesehatan, apa namanya harus sering makai masker..makai masker).  

 

Rencana pemerintah untuk membuka kembali pariwisata dan pembelajaran tatap muka di bali , dengan syarat vaksinasi covid-19 bali mencapai 70 persen pada bulan juni-juli 2021 ini , seakan menjadi angin segar bagi dunia pariwisata di bali . Mereka berharap bali segera pulih , karena masyarakat bali sebagian besar kehidupannya bertumpu pada sektor pariwisata.

#denpasar #pelakupariwisata #efekpandemi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x