Kompas TV internasional kompas dunia

Viral Penemuan Topeng Diperkirakan Berusia 3.000 Tahun, Jadi Bahan Meme di Tiongkok

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 12:58 WIB
viral-penemuan-topeng-diperkirakan-berusia-3-000-tahun-jadi-bahan-meme-di-tiongkok
Salah satu meme terkait penemuan topeng emas berusia 3.000 tahun. Disandingkan dengan karakter Ultraman. (Sumber: Kompas.com/Weibo/BBC)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

CHENGDU, KOMPAS.TV - Belum lama ini di provinsi Sichuan, Tiongkok, ditemukan sebuah topeng emas yang diperkirakan berusia 3.000 tahun.

Penemuan tersebut ramai dibahas netizen dan menjadi viral di media sosial. Artefak itu dikatakan sebagai satu dari 500 batu peninggalan Zaman Perunggu di situs arkeologi Sanxingdui.

Penemuan itu memberikan pengetahuan baru tentang negara bagian Shu kuno kepada para ahli. Diketahui Shu kuno menguasai daerah tersebut sebelum pada 316 Sebelum Masehi. 

Baca Juga: Tim Arkeolog Israel Umumkan Temuan Baru Lusinan Teks Kuno Laut Mati

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (23/03/2021) penemuan topeng bersejarah tersebut malah jadi sebuah meme viral di media sosial.

Banyak pengguna platform microblogging, Weibo membuat ubahan gambar yang terkait topeng tersebut setelah penemuan itu diumumkan Sabtu (20/03/2021) kemarin.

Muncul juga tagar dengan tajuk "Kompetisi Pengeditan Foto Topeng Emas Sanxingdui" yang telah dilihat hampir empat juta kali oleh netizen.

Baca Juga: Lansia Gunakan Topeng Donald Trump dan Topi Sinterklas saat Tembak Saudara Iparnya

Pejabat Museum Sanxingdui menanggapi peristiwa tersebut dengan turut bersenang-senang meramaikan tagar itu.

"Selamat pagi, baru bangun tidur, rupanya semua orang sibuk melakukan photoshopping?" kata pejabat museum itu melalui unggahan Weibo.

Sebelumnya netizen juga membuat meme dari penemuan artefak kuno. Pasalnya artefak tersebut mirip dengan karakter babi di gim populer Angry Birds.

Baca Juga: B.Duck Muncul di PUBG, Gim Battle Royale Ini jadi Makin Imut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x