Kompas TV nasional peristiwa

Peserta Vaksinasi Covid-19 Tertua di Indonesia, Wirjawan Hardjamulia Berusia 104 Tahun

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 10:52 WIB
peserta-vaksinasi-covid-19-tertua-di-indonesia-wirjawan-hardjamulia-berusia-104-tahun
Wirjawan Hardjamulia (104 tahun) bersiap mengikuti vaksinasi COVID-19 di RS Vania, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). Salah satu warga lanjut usia (lansia) tertua di Indonesia yang mengikuti vaksinasi COVID-19 tersebut dalam kondisi sehat dan diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk tidak takut mengikuti program vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah (Sumber: ANTARA FOTO(Dok. Antara)/Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

BOGOR, KOMPAS.TV - Warga asal Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat bernama Wirjawan Hardjamulia menjadi salah satu peserta vaksinasi Covid-19 tertua di Indonesia.

Pria berusia 104 tahun tersebut bersama para lansia lain datang ke Rumah Sakit Vania untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Selasa (23/03/2021) kemarin.

Sebelum menerima vaksin, tensi Wirjawan tercatat pada angka 160/100 dengan suhu tubuh 36,8 derajat. Ketika suntikan vaksin menembus kulit tubuhnya, dia tetap tenang.

Baca Juga: Mahathir Mohamad Menjadi Warga Malaysia Tertua Disuntik Vaksin Covid-19

Seperti diberitakan Kompas.com, Wirjawan hadir ke rumah sakit ditemani Indri anak ketiganya yang berusia 72 tahun.

Indri mengungkap ketika mendapat kesempatan untuk melakukan vaksinasi ayahnya terlihat siap dan tidak takut. Namun, hal tersebut membuat Indri dan saudara lainnya ragu dengan kondisi sang ayah yang berumur.

"Hanya di faktor usia saja kami ragu. Kalau dari pribadi ayah kami dia siap saja. Enggak takut, enggak ragu. Kesehatannya cukup bugar," dia menjelaskan.

Baca Juga: Jokowi ke Maluku, Resmikan Terminal Bandara Hingga Tinjau Vaksinasi Covid-19

Apa rahasia umur panjang sang ayah? Indri menjawab ayahnya selalu berpikir positif, menjaga pola makan, aktivitas, dan istirahat yang teratur.

"Serta berdoa dan bersyukur kepada Tuhan," ujarnya. Indri melanjutkan rutinitas sang ayah tiap pagi seperti minum air hangat, susu, sarapan dan makan telur rebus.

"Dia juga suka membaca dan olahraga jalan di sekitar rumah," jelas Indri.

Dede Nurhasan Suryadi, Kepala Humas dan Marketing RS Vania memperkirakan Wirjawan merupakan lansia tertua di Indonesia yang mengikuti vaksinasi.

Baca Juga: Perkenalkan, Kane Tanaka, Manusia Tertua Berumur 118 Tahun Pembawa Obor Olimpiade

Dari pemberitaan yang beredar, kata dia, lansia tertua yang divaksinasi di Indonesia berusia 100 tahun.

Dede berharap peristiwa ini menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat, terutama lansia agar terus semangat.

"Vaksinasi itu tak berbahaya karena tujuan dari vaksinasi ini untuk menjaga tubuh dari terpapar virus," dia menjelaskan. 

Baca Juga: Satgas Covid-19: Setelah 4 Minggu Berturut-turut Turun, Kasus Corona di Indonesia Naik Lagi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x