Kompas TV regional berita daerah

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Shopee Bangun Pompa Air di NTT

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 10:24 WIB
penuhi-kebutuhan-air-bersih-shopee-bangun-pompa-air-di-ntt
Pembangunan Pompa Air oleh Shopee bersama Kodam IX/Udayana di NTT. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemarau berkepanjangan yang terjadi sejak Maret 2020 menyebabkan beberapa titik di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami krisis air bersih.

Untuk mencapai air bersih, warga desa perlu berjalan kaki hingga lebih dari 1 km menuruni bukit dengan medan curam dan licin.

Terdorong menjawab permasalahan tersebut, Shopee, situs belanja online di Indonesia, bersama Pangdam IX/Udayana, dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto melakukan peresmian pembangunan pompa air di beberapa titik desa yang terdampak. 

Desa tersebut di antaranya adalah Desa Toi di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Desa Watunggene di Kabupaten Manggarai, Desa Sadi di Kabupaten Belu, Desa Pana di Kabupaten TTS, dan Desa Dafala di Kabupaten Belu dengan total ribuan jiwa.

Baca Juga: Atasi Krisis Air Bersih, Tni Memasang Pompa Hidram

Sinergi Shopee, Panglima Kodam IX/Udayana dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto dalam mengatasi krisis air di NTT ini ditandai dengan pembangunan sumur di Desa Pana, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS.

Inisiatif pembangunan pompa air merupakan upaya mengatasi krisis air bersih guna memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat setempat.

“Salah satu misi Shopee di Tanah Air adalah membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sehari-hari, terutama kebutuhan dasar seperti air bersih,” ungkap Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, mengutip keterangan tertulisnya, Rabu (24/3/2021).

Handhika Jahja mengatakan, “ke depannya, dengan terpenuhinya kebutuhan sumber air bersih, kami berharap warga di NTT semakin dapat mandiri dalam mencapai kebutuhan lainnya yang dapat dimulai dengan air bersih, seperti sistem irigasi dan pengairan perkebunan yang lebih baik serta pemeliharaan peternakan hewan yang lebih memadai.” 

Dengan diresmikannya inisiasi ini, pembangunan pompa air dapat berlanjut dan diselesaikan dalam waktu dekat, sehingga banyak warga yang dapat terbantu lebih cepat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x