Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Investor Senang ke Indonesia, Sri Mulyani: Begitu Datang Kok Pusing Banget

Kompas.tv - 19 Maret 2021, 09:11 WIB
investor-senang-ke-indonesia-sri-mulyani-begitu-datang-kok-pusing-banget
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan investor asing tertarik berbisnis di Indonesia, tetapi sulit memulai atau memperluas usahanya di tanah air. (Sumber: KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sama-sama mengklaim investor asing menyukai Indonesia. Namun, mereka masih kesulitan berbisnis di tanah air.

Dalam rilis pers resmi, Airlangga membagikan hasil survei Borderless Business Studies oleh Standard Chartered. Menurutnya, Indonesia meraih peringkat keempat di antara negara-negara Asia Tenggara sebagai negara favorit investor Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Para investor ini ingin membangun atau memperluas bisnis di Indonesia dalam 6 hingga 1 tahun ke depan.

Baca Juga: Guru Besar IPB: Kalau Pakai Data BPS, Harusnya Pemerintah Tak Impor Beras di Bulan Maret

Hal serupa juga diungkapkan Sri Mulyani. Menurutnya, pemerintah melalui Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah sering mempromosikan Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan, para investor mengaku senang ingin berbisnis di Indonesia. Namun, saat tiba di Indonesia mereka malah mengalami kesulitan.

“Pak Menko Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Pandjaitan) terus ke mana-mana mempromosikan Indonesia, tapi kalau tidak dibenahi ya sama saja. Investor senang, the story looks so good. It sounds promising, sounds excellent [kedengarannya bagus, kedengarann menjanjikan, kedengarannya sangat bagus, red], tapi begitu datang ke Indonesia kok it's so mumet atau pusing sekali,” tutur Sri Mulyani, dikutip dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, salah satu hambatan bisnis di Indonesia adalah ongkos logistik yang mahal. Sri Mulyani merinci, Indonesia menghabiskan 23,5 persen porsi perekonomian untuk biaya logistik.

Baca Juga: Resmikan Dua Bandara Sekaligus, Jokowi: Semoga Menghidupkan Sentra Pertumbuhan Ekonomi Baru

Biaya logistik di Indonesia juga lebih tinggi 10 persen daripada ongkos di negara-negara tetangga.

Sebab itu, perusahaan yang berbisnis di Indonesia bisa kalah dari perusahaan di luar negeri karena ongkos logistik itu.

“Jadi buat kita tidak hanya melakukan apa yang disebut promosi investasi, namun kita juga harus bekerja, pekerjaan rumah kita adalah membereskan rumah kita sehingga pada saat investor datang,” kata Sri Mulyani.

Saat ini, menurut Sri Mulyani, pemerintah sedang mengusahakan integrasi pelabuhan untuk memudahkan pengiriman logistik. Hal ini berwujud dalam sistem logistik nasional atau national logistic system (NLE) yang akan mengintegrasi dengan sistem logistik internasional.

Baca Juga: KSPI: THR Tahun Ini Harus Dibayar 100% dan Tidak Boleh Dicicil

Tahun ini delapan pelabuhan besar di Indonesia akan menjadi target integrasi sistem logistik, yaitu Pelabuhan Batam, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Patimban, Tanjung Perak Surabaya, Kuala Tanjung Medan, hingga Sulawesi dan Makassar.

Sementara, Airlangga mengatakan pemerintah berupaya mempermudah pelaku usaha dengan digitalisasi.

“[P]emerintah akan terus meningkatkan teknologi Online Single Submission (OSS) dan digitalisasi yang tujuannya untuk semakin memberi kemudahan bagi para pelaku usaha,” tulis Airlangga dalam keterangan pers, Kamis (18/3/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x