Kompas TV nasional berita utama

Resmikan Dua Bandara Sekaligus, Jokowi: Semoga Menghidupkan Sentra Pertumbuhan Ekonomi Baru

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 12:34 WIB
resmikan-dua-bandara-sekaligus-jokowi-semoga-menghidupkan-sentra-pertumbuhan-ekonomi-baru
Presiden Joko WIdodo Meresmikan Bandar Udara Toraja dan Bandar Udara Pantar, Kab. Tana Toraja, 18 Maret 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

TORAJA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Toraja di Sulawesi Selatan dan Bandara Pantar di Kabupaten Alor yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden Jokowi berharap dengan diresmikannya dua bandara tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Semoga dua bandara bisa dimanfaatkan tingkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, memicu, menghidupkan sentra pertumbuhan ekonomi baru,” kata Presiden Jokowi saat Peresmian Bandar Udara Toraja dan Bandar Udara Pantar, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Hari ini, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Toraja dan Tinjau Vaksinasi Massal

Presiden Jokowi mengatakan, pengerjaan Bandara Toraja menghabiskan anggaran lebih dari Rp 800 Miliar. Dalam pengerjaannya Bandara Toraja, memotong setidaknya 3 bukit dan membuang tanah seluas 6 juta meter kubik.

“Bandara ini unik sekali, memotong 3 bukit, sehingga runwaynya bisa dibangun. runway sepanjang 2.000 meter,” ujarnya.

Dengan adanya Bandara Toraja, lanjut Jokowi, masyarakan yang hendak ke Makassar tidak lagi membutuhkan waktu hingga 9 jam.

“Sekarang 50 menit. Mobilitas orang dan barang akan ada kecepatan. Kita harapkan dengan dibukanya Bandara Tana Toraja ini, nanti konektivitas akan semakin baik,” harap Jokowi.

Baca Juga: Protes Kebijakan Presiden Jokowi, Mahasiswa Makassar Demo Tutup Jalan dan Bakar Ban

“Pariwisata di sini, saya yakini akan semakin berkembang, baik dari Makassar, dari Bali, dari Jakarta, dari Bandung akan langsung sampai ke Tana Toraja. untuk melihat negeri di atas angin,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengatakan tidak hanya meresmikan Bandara Toraja. Pemerintah, sambungnya, juga meresmikan Bandara Pantar di Kabupaten Alor, NTT yang dibangun sejak 2014 dan sudah selesai.

“Kita operasikan dilengkapi terminal 35.000 penumpang per tahun, sebuah bandara yang penting. Jadi, kalau cuaca laut kurang bersahabat bisa gunakan bandara ini,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x