Kompas TV internasional kompas dunia

Swedia Hentikan Sementara Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 19:53 WIB
swedia-hentikan-sementara-penggunaan-vaksin-astrazeneca
Vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZaneca. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

 

STOCKHOLM, KOMPAS.TV - Swedia menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan, di tengah kekhawatiran tentang adanya laporan pembekuan darah pada beberapa penerima vaksin tersebut di Eropa.

"Keputusan itu adalah tindakan pencegahan," kata Kepala Ahli Epidemiologi Swedia, Anders Tegnell, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Jumlah Pasien Covid-19 Dalam Kondisi Parah Meningkat di Swedia

Langkah oleh Badan Kesehatan Masyarakat Swedia itu akan tetap berlaku sampai penyelidikan selesai dilakukan oleh Badan Obat Eropa.

Swedia merupakan negara terbaru yang ikut menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca. Sebelumnya Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol, telah menangguhkan penggunaan vaksin ini lebih dulu. 

Meskipun demikian, perusahaan dan regulator internasional mengatakan tidak ada bukti bahwa tembakan tersebut merupakan penyebab pembekuan darah.

Baca Juga: Swedia Catat Pertumbuhan Penduduk Terendah Dalam 15 Tahun

Swedia merupakan negara Eropa yang hanya melakukan respons ringan terhadap pandemi Covid-19. Negara tersebut menghindari lockdown dan hanya mengandalkan rasa kewarganegaraan untuk mengendalikan infeksi.

Hingga Selasa, lebih dari 13.140 orang telah meninggal karena Covid-19 di negara Skandinavia ini. Jumlah ini jauh lebih banyak per kapita jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, namun masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x