Kompas TV regional berita daerah

Tanah Bergerak di Cilacap Rusak Areal Persawahan

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 14:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Tanah yang merupakan areal persawahan di Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang luasnya diperkirakan mencapai tujuh hektar ini terancam tak bisa ditanami padi. Sejak diguyur hujan secara terus menerus, areal persawahan ini mengalami tanah bergerak. Bahkan pergerakan tanah ini menyebabkan amblasnya tanah di salah satu titik yang  mencapai  kurang lebih 10 meter.

Kondisi ini membuat petugas SAR gabungan dari TNI, BPBD, relawan dan pihak pemerintah Desa Majingklak, Kabupaten Cilacap, datang ke lokasi.

Selain memantau langsung, petugas juga melakukan pengukuran kedalaman tanah bergerak  yang tak jauh dari pemukiman rumah warga ini.

Melihat kondisinya cukup parah, pihak desa menghimbau agar warganya untuk sementara waktu tidak menanami padi, tetapi beralih ke tanaman jenis keras.

"Dampak negatif bagi masyarakat kami, yang jelas yang pertama, sebab ini merupakan area persawahan otomatis merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat kami, sedangkan sekarang tidak bisat diolah atau pun tidak bisa digarap, secara otomatis mengganggu pendapatan atau pun penghasilan warga masyarakat kami", ujar Tarsam, Kades Majingklak.

Dikuatirkan jika hujan deras kembali turun, kondisi tanah bergerak ini akan semakin parah. Hal ini mengingat karena kontur tanah di areal persawahan kondisinya labil dan tidak merata.

#TanahBergerak #KabupatenCilacap #DesaMajingklak

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x