Kompas TV internasional kompas dunia

Sudah 400 Orang Myanmar Menyeberang ke India, Sebagian Besar Polisi dan Petugas Damkar

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 07:05 WIB
sudah-400-orang-myanmar-menyeberang-ke-india-sebagian-besar-polisi-dan-petugas-damkar
Warga Myanmar termasuk mereka yang mengatakan mereka adalah polisi dan petugas pemadam kebakaran yang baru-baru ini melarikan diri ke India memberikan penghormatan tiga jari di lokasi yang dirahasiakan di negara bagian Mizoram di timur laut India, dekat perbatasan India - Myanmar, 15 Maret 2021.Petugas polisi India mengatakan mereka melarikan diri karena takut akan penganiayaan setelah menolak mematuhi perintah junta militer untuk menembak langsung pengunjuk rasa. (Sumber: Reuters/Rupak De Chowdhuri )
Penulis : Edwin Shri Bimo

CHAMPHAI, KOMPAS.TV - Lebih dari 400 orang dari Myanmar, banyak di antaranya polisi, telah menyeberang ke negara tetangga India sejak akhir Februari, kata seorang perwira polisi India, Senin, seperti dilansir Reuters, Selasa, (16/3/2021), ketika pasukan keamanan Myanmar berusaha untuk menghancurkan demonstran pro-demokrasi setelah kudeta bulan lalu.

Petugas polisi India mengatakan mereka melarikan diri karena takut akan penganiayaan setelah menolak mematuhi perintah junta militer untuk menembak langsung pengunjuk rasa.

"Sekitar 116 orang menyeberang pada hari Jumat," kata petugas polisi di negara bagian Mizoram, India, menolak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut.

Baca Juga: PBB: Sedikitnya 138 Pengunjuk Rasa Tewas Dibunuh Aparat Keamanan Myanmar Sejak Kudeta

Di antara mereka adalah polisi dan petugas pemadam kebakaran, beberapa di antaranya hanya membawa pakaian yang dimasukkan ke dalam karung plastik putih saat melintasi perbatasan.

Pemerintah federal India memerintahkan otoritas lokal untuk menghentikan arus masuk, tetapi medan pegunungan keropos dan sulit untuk berpatroli. Ada juga ikatan etnis dan budaya yang erat antara orang-orang di kedua sisi perbatasan terpencil.

Sejauh ini sekitar 138 orang telah tewas dan ribuan orang ditahan di Myanmar sejak kudeta militer 1 Februari. Para pengunjuk rasa terus turun ke jalan menentang militer, yang telah menggunakan peluru karet, gas air mata, dan peluru tajam untuk menghentikan mereka.

Baca Juga: Minggu Berdarah! Jumlah Warga Tewas di Myanmar Lebih dari 30 Orang Dalam Satu Hari

Masyarakat biasa memberi hormat dengan tiga jari saat mereka menyaksikan pengunjuk rasa anti-kudeta berbaris di Mandalay, Myanmar Minggu, 14 Maret 2021. Petugas polisi India mengatakan mereka melarikan diri karena takut akan penganiayaan setelah menolak mematuhi perintah junta militer untuk menembak demonstran(Sumber: AP Photo)

‘SAYA MENDUKUNG CDM’

Salah satu kelompok terbesar pendatang baru-baru ini di India - berjumlah sekitar 100 orang - berlindung di sebuah desa di distrik Champhai Mizoram, setelah perjalanan singkat di jalan pegunungan yang kasar dari sungai Tiau yang menandai perbatasan antara kedua negara.

Beberapa dari mereka duduk di ruangan yang diterangi matahari pada hari Senin, menghisap rokok lintingan dan sibuk dengan ponsel mereka. Seseorang menyaksikan video Facebook dari pengunjuk rasa yang bentrok dengan pasukan keamanan Myanmar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x