Kompas TV nasional update corona

Vaksinasi Gotong Royong, Bio Farma Siapkan 20,2 Juta Dosis Vaksin Sinopharm dan Moderna

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 15:54 WIB
vaksinasi-gotong-royong-bio-farma-siapkan-20-2-juta-dosis-vaksin-sinopharm-dan-moderna
Pemerintah Amerika Serikat dibawah Presiden Joe Biden hari Rabu (10/03/2021) mengumumkan akan memesan 100 juta dosis tambahan vaksin COVID-19 Johnson&Johnson. Rencana pembelian ini akan membuat total pesanan vaksin Covid-19 Amerika Serikat menjadi 800 juta dosis. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Danang Suryo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua perusahaan farmasi yang menyuplai vaksin Covid-19, Farma Sinopharm dari Tiongkok dan Moderna dari Amerika Serikat berkomitmen melakukan pengadaan di indonesia.

Honesti Basyir, Direktur Utama PT Bio Farma mengungkap total komitmen pengadaan vaksin tersebut mencapai 20,2 juta dosis vaksin. Pengadaan vaksin itu terkait dengan vaksinasi mandiri atau gotong royong.

Baca Juga: RI Akan Dapat 11,7 juta Vaksin Gratis Hingga Mei 2021

"Komitmen dari Sinopharm 15 juta dosis, mulai dari akhir Maret atau sampai akhir kuartal II 2021 sebanyak 15 juta dosis," ujar Honesti, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (15/03/2021) dalam rapat kerja Komisi IX DPR.

Sinopharm juga bersedia menambah 15 juta dosis vaksin Covid-19 pada tahap berikutnya jika dibutuhkan. Kini melalui anak perusahaan Bio Farma, Kimia Farma, sedang dilakukan proses registrasi terkait izin penggunaan darurat.

Baca Juga: Punya Riwayat Asma, Bolehkah Ikut Vaksinasi Covid-19? Ini Kata Dokter!

"Kita dalam proses rolling submit ke BPOM untuk mendapatkan UEA-nya," jelasnya. Lebih lanjut Moderna juga berkomitmen menyiapkan sebanyak 5,2 juta dosis vaksin Covid-19.

"Kemungkinan baru bisa dikirim awal kuartal III tahun ini. Registrasi dilakukan Bio Farma," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil Penelusuran Semua Kontak Erat 6 Kasus Varian Baru Virus Corona B-117 Asal Inggris Negatif



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x