Kompas TV internasional kompas dunia

Pengrajin Keju Nablus Legendaris di Palestina Terpukul Covid-19, Hidangan Kunafeh Makin Jarang

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 11:31 WIB
pengrajin-keju-nablus-legendaris-di-palestina-terpukul-covid-19-hidangan-kunafeh-makin-jarang
Seorang pekerja Palestina membuat keju di sebuah pabrik keju di Desa Rojeeb dekat Kota Nablus, Tepi Barat, pada 13 Maret 2021. Sekitar 3 ton keju nablus atau keju nabulsi menumpuk di sebuah peternakan di Desa Rojib dekat Kota Nablus, Tepi Barat Palestina selama pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) sepekan yang dimulai pada Sabtu (06/03/2021) lalu - (Sumber: Xinhua/Nidal Eshtayeh)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NABLUS, KOMPAS.TV - Sekitar 3 ton keju nablus atau keju nabulsi menumpuk di sebuah peternakan di Desa Rojib dekat Kota Nablus, Tepi Barat Palestina selama pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) sepekan yang dimulai pada Sabtu (06/03/2021) lalu. Industri keju di daerah tersebut sangat terpukul akibat pandemi COVID-19.

Nabulsi (atau naboulsi) adalah salah satu dari sejumlah keju asin putih Palestina yang dibuat di Timur Tengah. Namanya mengacu pada tempat asalnya, Nablus, dan terkenal di seluruh Tepi Barat dan daerah sekitarnya.

Keju Nabulsi, bersama dengan keju Akkawi, adalah salah satu keju utama yang dikonsumsi di Palestina dan Yordania.

Keju ini diproduksi terutama dari susu domba; dan sebagai alternatif susu kambing dapat digunakan. Keju nabulsi berwarna putih berbentuk persegi panjang, sedikit keras.

Baca Juga: Kisah dari Hebron Palestina: Kakak-beradik Palestina Jualan Pot yang Mereka Lukis Berisi Kaktus Mini

Seorang pekerja Palestina membuat keju di sebuah pabrik keju di Desa Rojeeb dekat Kota Nablus, Tepi Barat, pada 13 Maret 2021. Sekitar 3 ton keju nablus atau keju nabulsi menumpuk di sebuah peternakan di Desa Rojib dekat Kota Nablus, Tepi Barat Palestina selama pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) sepekan yang dimulai pada Sabtu (06/03/2021) lalu (Sumber: Xinhua/Nidal Eshtayeh)

Keju Nabulsi atau keju Nablus menjadi lembut dan elastis saat dipanaskan. Ini adalah keju susu domba betina atau kambing, tetapi secara tradisional dibumbui dengan mahleb (Prunus mahaleb) dan damar wangi (Pistacia lentiscus) yang ditambahkan ke air garam mendidih.

Keju Nabulsi atau Keju Nablus bisa dimakan segar atau bisa digoreng dengan minyak, dan juga menjadi bahan utama makanan penutup legendaris Palestina bernama knafeh atau kunafeh.

Baca Juga: Supir Taksi Perempuan Pertama Gaza Palestina Rayakan Hari Perempuan Sedunia Kemarin Dengan Bekerja

Kunafeh Nabulsiyah, hidangan kue manis legendaris dari Nablus Palestina yang terbuat dari campuran keju nablus, madu, gula, dan kacang-kacangan yang digerus. Terkenal sejak jaman dahulu kala. (Sumber: Wikipedia/Sarah Canbel)

Kunafeh adalah makanan penutup tradisional Timur Tengah yang dibuat dengan parutan filo pastry, atau sebagai alternatif adonan semolina halus, direndam dalam sirup berbasis gula yang manis, dan biasanya dilapisi dengan keju, atau dengan bahan lain seperti krim atau kacang-kacangan, tergantung pada daerahnya.

Hidangan penutup ini populer di dunia Arab, khususnya Suriah dan Mesir, dan terlebih di kalangan orang Palestina. Selain itu, varian kunafeh ditemukan di Turki, Yunani, dan Balkan, serta di Kaukasus Selatan seperti Armenia dan Azerbaijan.

Baca Juga: Pengadilan Kriminal Internasional Mulai Selidiki Dugaan Kejahatan di Wilayah Palestina

Hidangan Kanafah atau Kunafeh di Yerusalem, kerap berisi campuran keju domba legendaris dari Nablus Palestina, menjadi hidangan kue paling digemari di Palestina dan Yerusalem. (Sumber: Wikipedia/Tracy Hunter)

Salah satu olahan kunafeh yang paling terkenal adalah kunafeh nabulsiyah, yang berasal dari kota Nablus di Palestina, dan merupakan makanan penutup Palestina yang paling representatif dan ikonik. Knafeh nabulsiyeh menggunakan keju air garam putih yang disebut Keju Nabulsi.

Kanafeh Nabulsiyeh disiapkan dalam piring besar bundar tipis, dipanaskan dengan mentega, margarin, minyak sawit, atau semneh tradisional dan kemudian diolesi dengan keju putih lembut, seperti keju Nabulsi, dan di atasnya diberi lebih banyak kacang-kacangan, sirup gula, madu, dan aromatik mahleb dan damar wangi serta air mawar.

Baca Juga: Beredar Video Tentara Israel Tahan 5 Anak Palestina Karena Dianggap Menyusup Pemukiman Ilegal Israel

Pekerja di Nablus Palestina sedang menyiapkan keju legendaris Nablus, Palestina untuk dikirim ke pelanggan (Sumber: Xinhua/Nidal Eshtayeh)

Kanafeh khishnah adalah versi kanafeh keju yang digulung, dibuat dari sirup gula kental, air, dan beberapa tetes air mawar atau air bunga jeruk dituangkan di atas kue saat menit-menit terakhir memasak.

Seringkali lapisan atas kue dipanggang untuk waktu yang lama. Pistachio tumbuk ditaburkan di atasnya sebagai hiasan. Oh lezatnya.

Baca Juga: 20.000 Vaksin Covid-19 Sputnik V Rusia Masuk Gaza Palestina Hari Ini, Sumbangan Uni Emirat Arab

Kunfeh atau Kunafe Naama atau kunafeh halus, hidangan manis terkenal yang berasal dari Timur Tengah, berisi campuran keju domba legendaris dari Nablus Palestina (Sumber: Wikipedia/Stu Spivack)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x