Kompas TV nasional update corona

Polemik Vaksin Nusantara, Terawan: Aman, Bisa Digunakan Untuk Orang dengan Auto Imun atau Komorbid

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 19:23 WIB
Penulis : Angela Winda

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi IX DPR mengundang mantan Menteri Kesehatan, Dr. Terawan Agus Putranto untuk membahas Vaksin Nusantara.

Dilansir dari Kompas.com (10/03), Terawan menjelaskan dalam rapat kerja Komisi IX DPR bahwa, Vaksin Nusantara yang merupakan vaksin terhadap COVID-19 ini tengah dikembangkan oleh pihaknya, beserta RSUP dr Kariadi, Semarang dan Universitas Diponegoro.

Secara detail, Terawan, selaku Ketua Tim Pengembang Vaksin Nusantara, beranggapan bahwa vaksin ini dapat menjadi solusi bagi mereka yang mengalami autoimun, bahkan memiliki komorbid berat.

Terawan secara pribadi sudah menginisiasi Vaksin Nusantara sejak tahun 2015, saat sekarang dilanda COVID, maka ia pun mengkhususkan Vaksin Nusantara sebagai vaksin COVID-19.

Ia berharap agar Kemenkes dapat mendukung proses pengembangan Vaksin Nusantara.

Namun, Penny Lukito selaku kepala BPOM mengatakan bahwa proses pengembangan Vaksin Nusantara, tidak sesuai dengan kaidah medis.

Tidak hanya itu saja, Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah terbuka dengan semua pengembangan vaksin yang dilakukan di dalam negeri. 

editor: Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x