Kompas TV video cerita indonesia

Laka Maut, Kapolda Jabar Sebut Jalur Wado Sumedang Bukan untuk Bus

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 19:51 WIB
Penulis : Laura Elvina

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri meninjau lokasi kecelakaan bus yang terjun ke jurang di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021).

Dofiri mengatakan, saat ini pihaknya belum dapat menyimpulkan penyebab kacelakaan.

Namun Dofiri menyoroti soal jalur lalu lintas yang dilalui bus nahas tersebut. Menurut Dofiri, jalur tersebut bukan yang seharusnya dilalui oleh bus.

"Saat ini kami belum dapat menyimpulkan penyebab kecelakaan. Tetapi yang pasti ini jalur alternatif yang seharusnya tidak dilalui bus besar. Selain itu, saat kejadian hujan," ujar Dofiri saat jumpa pers di lokasi kecelakaan di Tanjakan Cae, Wado, Kamis (11/3/2021).

Dofiri menuturkan, selain tidak diperuntukkan bagi kendaraan besar, jalur jalan provinsi penghubung Sumedang-Malangbong, Garut, ini juga memiliki medan yang curam.

Selain itu, jalur ini memiliki turunan cukup tajam dan berkelok-kelok.

"Jalur alternatif ini juga cukup curam dan berkelok. Sebenarnya tidak boleh dilalui kendaraan besar, dan memang jalur ini biasanya tidak dilalui bus besar. Ini juga kan busnya tidak biasa, bus pariwisata yang tidak biasa lewat sini," sebut Dofiri.

Baca Juga: Bus Tur Siswa Subang Masuk Jurang, Korban Jiwa Dievakuasi ke Puskesmas Wado



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x