Kompas TV regional berita daerah

Sawah Rusak Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 18:19 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Tanaman pertanian milik warga di Lumajang Jawa Timur rusak diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru. Meluasnya banjir lahar ke area persawahan dipicu oleh jebolnya tanggul sungai.

Lahan pertanian di Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru.

Sawah yang paling parah terdampak milih Hariri. Ada 3 petak sawah dengan tanaman padi, yang tertimbun material pasir. Selain tanaman padi, tanaman sengon milik Hariri juga hanyut terbawa banjir lahar.

Seorang warga, Nurhadi menceritakan banjir lahar terjadi pada malam hari sehingga pemilik sawah tidak mengetahui adanya banjir. Saat kejadian, sejumlah warga sempat mengungsi karena takut banjir lahar naik ke pemukiman warga.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Tempat Wisata

Selain berdampak ke lahan pertanian, banjir lahar juga menyebabkan material vulkanik Gunung Semeru menumpuk di atas tanggul sehingga terjadi sedimentasi.

Warga berharap pemerintah setempat mengalihkan aliran sungai agar jika terjadi banjir lahar susulan yang lebih besar dan mengancam pemukiman warga.

 

#Sawah #BanjirLaharHujan #GunungSemeru #




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x