Kompas TV regional berita daerah

Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Tempat Wisata

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Video banjir lahar hujan Gunung Semeru di tempat wisata air terjun Kabupaten Lumajang Jawa Timur viral di media sosial. Video itu memperlihatkan air bah datang secara tiba-tiba, padahal di tempat tersebut tidak terjadi hujan.

Video berdurasi 20 detik itu direkam warga pada tanggal 13 Januari dan mendadak viral di media sosial, karena banjir lahar datang secara tiba-tiba tempat wisata air terjun Tumpak Sewu.

Baca Juga: Semeru Banjir Lahar Hujan, Akses Antar Dua Kecamatan Terputus

Obyek wisata yang berada di perbatasan 2 Kabupaten Lumajang dan Malang tersebut memang dilintasi oleh aliran sungai yang dilalui lahar hujan. Namun tak biasanya banjir lahar hujan datang pada pagi hari dengan cuaca tidak turun hujan. Beruntung saat kejadian tidak ada satupun wisatawan yang berada di dasar air terjun.

Banjir lahar hujan juga menerjang sungai yang ada di Besuk Kobokan, akibatnya sejumlah penambang pasir harus menghentikan aktivitasnya.

Salah satu penambang pasir, Ahmad Dahri mengaku ketakutan saat banjir lahar hujan datang. Ia langsung bergegas menuju pinggir sungai dan memantau cuaca di atas lereng Gunung Semeru.

Baca Juga: Pemerintah Perbaiki Tanggul Terkikis Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Lahar hujan terjadi karena intensitas hujan di puncak Gunung Semeru cukup tinggi. Banjir lahar hujan mengalir ke 3 daerah aliran sungai, yakni das glidik, das rejali dan das mujur.

 

#BanjirLaharHujan #GunungSemeru #AirTerjun #TumpakSewu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x