Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Perbaiki Tanggul Terkikis Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 22:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur akhirnya turun tangan menanggulangi tanggul yang terkikis banjir lahar hujan Gunung Semeru. Rencananya akan dibuatkan bronjong darurat agar aliran air tidak menghantam tanggul lagi.

Rencana tersebut diawali dengan pemantauan dan pengukuran tanggul yang terkikis dan nyaris jebol pada Kamis siang (14/01). Kegiatan ini melibatkan tim gabungan dari unsur Pemkab Lumajang, Kepolisian, TNI dan Balai Besar Sungai Brantas.

Tanggul yang berada di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh rusak setelah dihantam banjir lahar hujan Gunung Semeru beberapa hari terakhir. Panjang tanggul mencapai 100 meter dan tinggi 8 meter.

Kepala BPBD Lumajang, Indra Wibowo Leksana mengatakan bahwa setelah mengetahui kerusakan tanggul, pemerintah selanjutnya akan mengalihkan aliran sungai dengan memasang batu besar di sekitar tanggul.

Selanjutnya untuk jangka pendek, pemerintah membangun bronjong kawat di sekitar tanggul. Sedangkan untuk jangka panjangnya akan dibangun tanggul permanen oleh Balai Besar Sungai Brantas.

Baca Juga: Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru, Aktivitas Tambang Pasir Dihentikan

Keberadaan tanggul tersebut sangat penting bagi warga, karena jika tanggul jebol, maka beberapa desa di Kecamatan Candipuro terancam diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru.

 

#GunungSemeru #BanjirLaharHujan #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x