Kompas TV nasional aiman

Polisi Virtual Awasi Jagat Maya - AIMAN (BAG 4)

Senin, 8 Maret 2021 | 23:35 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Priiiiittttt!!! Hati-hati! Sempritan polisi tidak hanya akan dirasakan di ruang nyata, namun akan mulai menggedor pintu-pintu pemilik media sosial di ruang maya.

Terobosan ini dilakukan oleh Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mencegah masyarakat terseret dalam kasus hukum terkait pelanggaran UU ITE, Virtual Police resmi dioperasikan.

Program ini akan fokus mengawasi konten-konten di media sosial yang berpotensi melanggar. Seperti ujaran kebencian yang berkaitan dengan isu SARA (Suku Agama Ras dan Antargolongan).

Meskipun program ini mendapatkan apresasi dari berbagai pihak, namun sejumlah catatan juga diberikan.

Mampukah program ini menempatkan asas keadilan kepada semua pihak, baik pendukung pemerintah, maupun yang berseberangan atau pengkritik pemerintah.

Aiman menanyakan langsung semua kegelisahan ini kepada Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi. Sekaligus melihat langsung “dapur” Virtual Police secara ekslusif.

Selanjutnya Aiman juga menanyakan pandangan dari kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, serta Wasekjen PKS, Fathul Bari, terkait Virtual Police.

Bagaimana sistem kerja Polisi Virtual ini? Bisakah kemudian memberikan rasa keadilan kepada semua lapisan masyarakat? Dan apakah benar Virtual Police akan mengancam kebebasan berekspresi?

Aiman mengupasnya secara Ekslusif.     

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:59
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI