Kompas TV nasional peristiwa

UGM Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara

Senin, 8 Maret 2021 | 15:58 WIB
ugm-mundur-dari-penelitian-vaksin-nusantara
Ilustrasi: Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM mundur dari penelitian vaksin nusantara. (Sumber: KOMPAS.COM)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM mundur dari penelitian vaksin nusantara. Surat pengunduran diri sebagai tim peneliti uji klinik vaksin sel dendritik SARS CoV-2 itu diajukan UGM kepada menteri kesehatan.

Wakil Dekan FKKMK UGM Bidang Penelitian dan Pengembangan Yodi Mahendradhata, mengungkapkan alasan pengunduran diri karena para peneliti tidak dilibatkan dalam proses uji klinis, termasuk penyusunan protokol.

“Kami belum ada keterlibatan sama sekali, bahkan kami baru tahu saat rencana itu muncul di media massa akan dikembangkan di Semarang dan pengembangannya melibatkan tim UGM,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Suka Duka Perjalanan RSA UGM Bertepatan dengan Setahun Pandemi Covid-19 di Indonesia

Ia tidak menampik sejumlah peneliti UGM sempat menerima komunikasi informasi perihal pengembangan vaksin nusantara di bawah koordinasi Kementerian Kesahatan dan menyatakan bersedia mendukung penelitian yang dilakukan. Meskipun demikian, tidak terdapat komunikasi lebih lanjut terkait penelitian vaksin itu.

Para peneliti UGM juga tidak mengetahui Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor HK 01.07/MENKES/11176/2020 yang mencantumkan nama mereka beserta posisi masing-masing dalam tim vaksin nusantara.

Menurut  Yodi, ketika itu, belum ada detail soal vaksin nusantara. Bahkan, mereka tidak mengetahui nama vaksin itu.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:30
WHO SEBUT VARIAN VIRUS COVID-19 ASAL INDIA DITEMUKAN DI 44 NEGARA   WHO: TREN KASUS POSITIF COVID-19 DI BEBERAPA NEGARA MASIH TINGGI   KETUM PSSI MOCHAMAD IRIAWAN MENGATAKAN PIHAKNYA TELAH LAKSANAKAN PEMBERIAN THR KE SELURUH PEMAIN TIMNAS INDONESIA   MENPORA ZAINUDIN AMALI PASTIKAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) PAPUA AKAN TETAP BERJALAN   BADAN KEAMANAN LAUT (BAKAMLA) RI JEMPUT 8 NELAYAN YANG TELAH DIBEBASKAN DI MALAYSIA   TENTARA MALAYSIA BEBASKAN 8 NELAYAN INDONESIA YANG DITANGKAP   KASUS KREDIT FIKTIF RP 8,7 MILIAR, MANTAN KEPALA CABANG BANK BJB TANGERANG DITUNTUT 6 TAHUN PENJARA   WAKIL KETUA KOMISI III DPR PANGERAN KHAIRUL SALEH MINTA 75 PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TWK TAK DIBERHENTIKAN   KPK KOORDINASI DENGAN BKN DAN KEMENPAN RB PERIHAL 75 PEGAWAI KPK YANG DIBEBASTUGASKAN   SEBANYAK 23.752 WARGA DI KOTA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, SUDAH DIVAKSIN COVID-19   BANDARA I GUSTI NGURAH RAI CATAT TELAH LAYANI 5.294 PENUMPANG NON-MUDIK RUTE DOMESTIK SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   KETUA DPR RI PUAN MAHARANI AKAN TINJAU PELAKSANAAN LARANGAN MUDIK DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   DISHUB DKI JAKARTA BATASI OPERASIONAL SELURUH TRANSPORTASI SAAT LIBUR LEBARAN   KASUS COVID-19 MASIH TINGGI, MASJID ISTIQLAL BATAL GELAR SHALAT IDUL FITRI 1442 HIJRIAH