Kompas TV internasional kompas dunia

Dalai Lama Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19 di India, Dorong Semua Orang Untuk Ikut Vaksinasi

Kompas.tv - 7 Maret 2021, 16:14 WIB
dalai-lama-terima-suntikan-pertama-vaksin-covid-19-di-india-dorong-semua-orang-untuk-ikut-vaksinasi
Foto ini disediakan oleh Kantor Yang Mulia Dalai Lama menunjukkan pemimpin spiritual Tibet menerima suntikan vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Zonal di Dharmsala, India, Sabtu, 6 Maret 2021. (Sumber: Office of the his holiness the Dalai Lama via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

 

DHARAMSALA, KOMPAS.TV - Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama menerima dosis pertama dari vaksin Covid-19 sambil mendesak orang lain yang memenuhi syarat untuk "mengambil suntikan ini", seperti dilansir BBC, Minggu (07/03/2021).

"Ini sangat membantu, sangat bagus," kata Dalai Lama saat diberikan suntikan vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca di sebuah fasilitas di kota Dharamsala, India, Sabtu (06/03/2021).

India meluncurkan program vaksinasi pada 16 Januari lalu dimulai dengan petugas kesehatan dan staf di garis depan melawan infeksi virus.

Perubahan kemudian dilakukan sejak 1 Maret yang memperluas vaksinasi untuk orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, termasuk mereka yang berusia antara 45 dan 59 tahun dengan penyakit bawaan.

Baca Juga: Taiwan Ijinkan Dalai Lama Berkunjung, China Diyakini Akan Mengecam

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dibantu oleh dua biksu saat dia meninggalkan Rumah Sakit Zonal setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 di Dharmsala, India, Sabtu, 6 Maret 2021. Petugas medis memastikan bahwa pemimpin Tibet itu mendapatkan vaksin Covishield dan tidak menunjukkan reaksi yang merugikan terhadap vaksin. (Sumber: AP Photo/Ashwini Bhatia)

Menerima suntikan pertamanya di negara bagian utara Himachal Pradesh pada Sabtu (06/03/2021), Dalai Lama mengatakan orang perlu divaksinasi untuk "mencegah beberapa masalah serius".

Kepala petugas medis distrik Kangra Himachal Pradesh, Dr Gurdarshan Gupta, mengatakan Dalai Lama menawarkan diri untuk mengunjungi pusat vaksinasi "seperti orang biasa", kantor berita Reuters melaporkan.

"Kami mengatur proses vaksinasi dilaksanakan pada pagi hari, dengan mempertimbangkan masalah keamanan," tambahnya.

Berbicara kepada BBC tahun lalu, Dalai Lama mengatakan pandemi telah mendorong "rasa kepedulian, perasaan yang lebih welas asih".

Pemerintah India menargetkan untuk menjangkau 300 juta orang "kelompok prioritas" dengan program vaksinasi pada akhir Juli.

Baca Juga: Myanmar Minta India Kembalikan Polisi yang Kabur karena Menolak Tembaki Demonstran

Regulator obat negara di India sudah memberikan lampu hijau untuk dua vaksin, pertama yang dikembangkan AstraZeneca dengan Universitas Oxford (Covishield) dan satu oleh perusahaan India Bharat Biotech (Covaxin).

Perdana Menteri India Narendra Modi yang berusia 70 tahun, termasuk orang pertama yang mendapatkan vaksinasi.

Sejak pandemi dimulai, India telah mengkonfirmasi lebih dari 11 juta kasus dan lebih dari 157.000 kematian.

Sebagian besar wilayah di India telah melaporkan penurunan tajam dalam kasus baru-baru Covid-19. Infeksi harian di negara tersebut turun menjadi kurang dari 20.000 sementara pada puncak penularan, tercatat 90.000 kasus positif pada September tahun lalu.

Tetapi beberapa negara bagian baru-baru ini kembali melaporkan peningkatan tajam dalam jumlah kasus positif.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x