Kompas TV internasional kompas dunia

Positif Covid-19, Laki-Laki Ini Lolos Pemeriksaan di Bandara, Baru Mengaku di Atas Pesawat

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 20:55 WIB
positif-covid-19-laki-laki-ini-lolos-pemeriksaan-di-bandara-baru-mengaku-di-atas-pesawat
Ilustrasi pesawat yang mengangkut penumpang positif Covid-19. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Sebuah insiden terjadi dalam penerbangan asal India, maskapai IndiGo. Seorang penumpang pesawat baru memberi tahu dirinya terjangkit Covid-19 saat pesawat akan take off atau lepas landas.

Mengutip RDTV, hal ini membuat pilot terpaksa menunda penerbangan dan memarkirkan pesawat parkir demi keselamatan penumpang.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (4/3/2021) sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Penerbangan dengan nomor registrasi 6E-286 ini mestinya berangkat dari Ibu Kota India, New Delhi menuju Kota Pune.

Baca Juga: Penumpang Pesawat dari Luar Negeri Dikarantina 5 Hari Cegah Sebaran Corona B117

Ketika itu, pesawat berjenis Airbus A320 Neo ini sedang berada di landasan pacu. Mendadak, laki-laki itu itu memberi tahu awak kabin bahwa dia positif terinfeksi COVID-19.

Ternyata, laki-laki itu memiliki dokumen yang membuktikan ucapan itu. Ia menunjukkan dokumen itu kepada awak kabin.

Pilot kemudian menghubungi menara pengendali tentang situasi tersebut dan memutuskan untuk kembali.

Pengumuman lalu terdengar dari pilot pesawat. Pilot meminta penumpang di tiga baris kursi, dari nomor 6 hingga 8 turun dari pesawat dan menunggu di ruang penahanan. Penumpang positif COVID-19 itu duduk di salah satu baris ini.

Kemudian, pekerja bandara melakukan menyemporatkan disinfektan dan mengganti kain pelapis kursi pesawat.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 5 Fakta Corona B117, Mutasi Virus Corona Baru yang Telah Masuk ke Indonesia

Sementara itu, pihak maskapai memberikan baju pelindung diri kepada seluruh penumpang dalam pesawat sambil  menunggu langkah-langkah pengamanan selesai. Baju pelindung ini mesti digunakan sepanjang penerbangan.

Awak kabin juga memberikan minuman dan air kepada penumpang.  Kepada NDTV, penumpang pesawat itu mengaku menghargai usaha maskapai penerbangan itu.

Pesawat akhirnya lepas landas lebih dari 90 menit dari jadwal semula. Pesawat ini juga mendarat terlambat lebih dari satu jam di bandara Pune.

Di sisi lain, penumpang positif COVID-19 telah dibawa ke Rumah Sakit Safdarjung di Delhi selatan dengan ambulans.

Sektor penerbangan adalah salah satu industri yang terdampak paling parah oleh pandemi Covid-19. Karantina wilayah (lockdown) juga menghentikan banyak perjalanan massal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Obat Kedaluwarsa dan Cara Membuangnya Menurut BPOM

Pada Jumat (5/3/2021), India melaporkan kasus Covid-19 berjumlah 11.192.088. Pandemi ini merenggut 157.693 nyawa.

India juga terus menggenjot vaksinasi Covid-19. Pada Kamis kemarin saja, pemerintah India menyuntikkan 1,4 juta dosis vaksin. Sekitar 18 juta orang sudah menjalani vaksinasi.

Sementara, Indonesia baru memvaksinasi 1,6 juta warga (dosis pertama) dan 998 ribu warga (dosis kedua) pada Minggu (28/1/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x