Kompas TV internasional kompas dunia

OPEC+ Perpanjang Pemangkasan Produksi, Harga Minyak Melejit

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 21:35 WIB
opec-perpanjang-pemangkasan-produksi-harga-minyak-melejit
Foto yang diabadikan pada 2 Juni 2017 ini menunjukkan ladang pengeboran sumur minyak dari proyek Udmurtia Petroleum Corp di Udmurtia, sebuah republik di Rusia barat. OPEC+ setujui pangkas produksi hingga April, kecuali Rusia dan Kazakhstan yang dapat izin tingkatkan produksi masing-masing 130.000 dan 20.000 barel per hari. (Sumber: Xinhua/Bai Xueqi)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NEW YORK CITY, KOMPAS.TV - Harga minyak pada Kamis (04/03/2021) naik signifikan setelah Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi OPEC dan para mitranya, atau dikenal sebagai OPEC+, sepakat untuk memperpanjang sebagian besar pemangkasan produksi minyak hingga April, seperti dilansir Xinhua, Jum'at (05/03/2021).

Hasilnya, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April naik 2,55 dolar AS dan bertahan di angka 63,83 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei naik 2,67 dolar dan ditutup pada level 66,74 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Logo OPEC. OPEC+ setujui pangkas produksi hingga April, kecuali Rusia dan Kazakhstan yang dapat izin tingkatkan produksi masing-masing 130.000 dan 20.000 barel per hari. (Sumber: AP Photo)

OPEC+ menyetujui perpanjangan level produksi saat ini hingga April, kecuali Rusia dan Kazakhstan yang akan diizinkan untuk meningkatkan level produksi masing-masing sebesar 130.000 dan 20.000 barel per hari, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada Kamis. 

Sementara itu, Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar di dunia, mengatakan akan memperpanjang pemangkasan level produksi minyak secara sukarela sebesar 1 juta barel per hari, dan akan memutuskan dalam beberapa bulan mendatang kapan akan menghentikannya secara bertahap dan kembali menaikkan produksi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x