Kompas TV internasional kompas dunia

Viral Polisi Myanmar Tembak Mati Demonstran dari Jarak Dekat, Ini Kata Utusan PBB

Jumat, 5 Maret 2021 | 15:58 WIB
viral-polisi-myanmar-tembak-mati-demonstran-dari-jarak-dekat-ini-kata-utusan-pbb
Polisi Myanmar menodongkan senjatanya kepada demonstran. (Sumber: Bangkok Post)

NAYPYIDAW, KOMPAS.TV - Sebuah rekaman kebrutalan polisi Myanmar viral di media sosial. Polisi itu menembak seorang demonstran dari jarak dekat hingga tewas.

Polisi melakukan tindakan represif terhadap demonstran yang berunjuk rasa menolak kudeta Myanmar yang dilakukan junta militer.

Hak Asasi Manusia (HAM) PBB mengungkapkan saat ini sudah ada 54 korban tewas atas tembakan yang dilepaskan polisi.

Baca Juga: Kyal Sin, "Angel" yang Ditembak Mati Polisi Myanmar Ternyata Ingin Sumbangkan Organ Tubuhnya

Viralnya rekaman penembakan yang dilakukan polisi dari jarak dekat itu, membuat utusan PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener.

“Saya hari ini melihat sebuah video klip yang mengganggu. Seorang polisi memukuli sukarelawan medis,” ujar Schraner Burgener dikutip dari 9News.

“Mereka semua tak bersenjata. Sedangkan video klip lainnya menunjukkan seorang demonstran ditangkap polisi dan mereka menembaknya dari jarak dekat, mungkin hanya semester. Dia tak menolak saat ditangkap, dan sepertinya dia tewas di jalan,” tambahnya.

Penulis : Haryo Jati





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:21
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    DISHUB SEBUT PEMBANGUNAN FISIK JALAN LAYANG CAKUNG, JAKARTA TIMUR, SUDAH RAMPUNG   POLRI: TERDUGA TERORIS YANG DITEMBAK MATI DI MAKASSAR ADALAH EKS NAPI TERORIS   POLRI: SEORANG TERDUGA TERORIS DI MAKASSAR DITEMBAK MATI KARENA ACUNGKAN PEDANG   DISHUB TARGETKAN PEMBANGUNAN TUGU DAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RAMPUNG PADA MEI 2021    BAWASLU AKAN MELAKUKAN PERSIAPAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SABU RAIJUA   KEPALA BPOM PENNY K LUKITO: VAKSIN MERAH PUTIH YANG DIKEMBANGKAN UNAIR DITARGETKAN MULAI DIPRODUKSI AWAL 2022   DISNAKERTRANS JAWA BARAT SIAP MENGAWASI PERUSAHAAN DALAM PEMBAGIAN THR   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH SIKAPI SERIUS LONJAKAN KASUS COVID-19 DI SEJUMLAH NEGARA   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM SEBUT PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA TETAP JADI ASPEK WAJIB DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN MEMINTA SETIAP PRAJURIT KOPASSUS SELALU SETIA KEPADA NKRI   HUT KE-69 KOPASSUS, WAPRES MA’RUF AMIN : TINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN INTEGRITAS   KEMENDAGRI PANGGIL PETUGAS DAMKAR YANG MEMBONGKAR KASUS DUGAAN KORUPSI DI DAMKAR KOTA DEPOK   SERIKAT PEKERJA DI BEKASI AKAN BUKA POSKO ADUAN UNTUK AWASI PEMBAYARAN THR