Kompas TV klik360 cerita indonesia

Soal Produk Asing, Jokowi: Kan Boleh Saja Kita Tidak Suka, Gitu Aja Rame

Jumat, 5 Maret 2021 | 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seruan Presiden Joko Widodo untuk mencintai produk dalam negeri dan benci produk asing ramai diperbincangkan.

Jokowi pun kembali menanggapi ramainya pemberitaan terkait hal tersebut.

"Kemarin saya sampaikan untuk cinta produk Indonesia, untuk bangga terhadap produk Indonesia dan boleh saja kita ngomong tidak suka pada produk asing. Masa nggak boleh kita nggak suka, kan boleh saja tidak suka pada produk asing. Gitu aja rame," ucap Jokowi Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVII HIPMI 2021 di Istana Bogor, Jumat (5/3/2021).

Jokowi terus mengingatkan masyatakat agar loyal terhadap produk dalam negeri. Namun ia juga memberi catatan kepada produsen dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk.

"Untuk menuju kepada sebuah loyalitas konsumen kita pada produk-produk dalam negeri ya memang ada syarat-syaratnya. Kalau harganya kompetitif tentu saja, kalau kualitasnya baik tentu saja," terangnya.

Jokowi berharap para pemilik produk lokal bisa memperbaiki kualitas produknya, kemasan, hingga desain yang mengikuti tren masa kini.

"Kita juga senang kalau dulu kita masih banyak impor misalnya serat rayon, impor bijih plastik sekarang sudah diproduksi di dalam negeri," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, INDEF: Bisa Berakibat Pada Kerja Sama Ekspor Indonesia

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
PEMERINTAH DENMARK STOP GUNAKAN VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA SEPENUHNYA   SATGAS COVID-19 MEMINTA TIM PENELITI VAKSIN NUSANTARA IKUTI KAIDAH YANG DITETAPKAN WHO   UNAIR SURABAYA PASTIKAN PENELITIAN VAKSIN MERAH PUTIH TAK TERPENGARUH PELEBURAN KEMENRISTEK DENGAN KEMENDIKBUD   JADI TUAN RUMAH PORPROV BANTEN 2022, PEMKOT TANGERANG MULAI BENAHI 11 GEDUNG OLAHRAGA    FORMAPPI: PEMBENTUKAN SATGAS BLBI ADALAH PENGAKUAN PENTINGNYA RUU PERAMPASAN ASET TINDAK PIDANA   KEMENDAGRI MINTA PEMPROV DKI SUSUN RENCANA AKSI ANTISIPASI BANJIR   POLRI: TOTAL 31 TERSANGKA TERORIS TERKAIT AKSI BOM BUNUH DIRI MAKASSAR SUDAH DITANGKAP   POLRI KEMBALI TANGKAP SATU TERDUGA TERORIS TERKAIT AKSI BOM BUNUH DIRI DI MAKASSAR   MUI AKAN PANTAU SIARAN 16 STASIUN TELEVISI SELAMA BULAN RAMADAN   WAGUB DKI MINTA INSPEKTORAT DKI PERIKSA KEMBALI KASUS KELEBIHAN BAYAR PENGADAAN MOBIL DAMKAR TAHUN ANGGARAN 2019   IKAPPI MEMINTA PD PASAR JAYA BERBENAH PASCA-KEBAKARAN YANG TERJADI DI DUA PASAR YANG DIKELOLA DI JAKARTA   KOMISIONER KPU ILHAM SAPUTRA RESMI MENJADI KETUA KPU DEFINITIF MENGGANTIKAN ARIEF BUDIMAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH TERPILIH HARUS BISA KENDALIKAN COVID-19 DI WILAYAH MASING-MASING   JAKSA SEBUT SAKSI YANG DIHADIRKAN PADA SIDANG RIZIEQ SHIHAB PEKAN DEPAN ADA LIMA ORANG