Kompas TV tekno games

Rajin Catat Langkah, Ini Sosok Pak Dadang Si Dewa Kipas yang Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 07:40 WIB
rajin-catat-langkah-ini-sosok-pak-dadang-si-dewa-kipas-yang-kalahkan-gamer-catur-dunia-di-chess-com
Dadang Subur pemilik akun Dewa_Kipas di Chess.com yang diblokir setelah menang melawan YouTuber GothamChess. (Sumber: Facebook.com/AliAkbar via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV- Nama Dadang Subur mendadak viral dan jadi perbincangan terutama di dunia gaming catur. Pasalnya, pemilik akun Chess.com bernama “Dewa_Kipas” itu diblokir gara-gara mengalahkan seorang gamer catur profesional sekaligus YouTuber yakni Levy Rozman atau dikenal sebagai “GothamChess”.

Oleh Chess.com, akun “Dewa_Kipas” milik pria asal Bandung ini diduga bermain curang.

Lalu, bagaimana sebenarnya perjalanan Dadang sendiri di dunia gaming catur ini. Berikut kisahnya yang disarikan dari Kompas.com, Jumat (5/3/2021):

Baca Juga: Kronologi Dewa Kipas Diblokir Chess.com, Disebut Menang Tak Wajar Usai Kalahkan GothamChess

Saat melawan GothamChess, rating ELO akun Dewa_Kipas sendiri berada di angka 2.311, artinya tujuan Dadang sebenarnya sudah tercapai.

Meski demikian, tak ada yang mengira bahwa pencapaian tersebut ternyata diraih dalam waktu yang terbilang cukup singkat, yaitu 3 minggu.

Bahkan, untuk mencapai titik tersebut, Dadang sampai lupa waktu dan seringkali dimarahi istrinya karena kecanduan game.

Baca Juga: Profil GothamChess, Master Catur Internasional yang Dikalahkan Pak Dadang ‘Dewa Kipas’

"Sering sekali (ayah saya) main Chess.com setiap hari, sampai lupa makan dan tidur, sampai tidak ingat umur dan sering dimarahi ibu. Biasanya, istirahat hanya dipakai untuk sholat saja," ujar Ali Akbar, putra dari Pak Dadang melalui pesan singkat, Kamis (4/3/2021).

Menurut Ali yang pertama kali mengenalkan permainan Chess.com kepada ayahnya itu, ranking ELO sendiri biasanya tak bisa didapatkan dengan waktu sesingkat itu.

Namun, apabila terus menerus bermain, hal tersebut bisa terwujud. 

"Biasanya orang akan naik ke peringkat dari ELO 800 hingga ELO 1.200 setelah bermain beberapa bulan. Tapi ayah saya bisa mencapai ELO 2.300 dalam waktu 3 minggu karena memang bermain tanpa henti," imbuh Ali.

Baca Juga: Tega Banget! Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com, Akun Pecatur Indonesia Ini Malah Diblokir

Ali mengatakan, ayahnya membuat akun Chess.com pada 12 Februari 2021. Sejak itu hingga diblokir, ayahnya telah memainkan sekitar 332 kali pertandingan dengan 232 kali menang, 90 kali kalah, dan 10 kali remis (seri).

Ali Akbar mengaku memperkenalkan game tersebut kepada sang ayah untuk memberi tahu bahwa ada game catur yang bisa mempertemukannya dengan para pemain profesional.

Dadang lantas tertarik dan meminta putranya itu untuk membuat akun, foto profil, dan mengajarinya cara mencari lawan dan memulai pertandingan.

Berbagai hal ini perlu dipelajari karena Dadang tak begitu paham (gagap) teknologi.

Baca Juga: Tanggapan Chess.com Terkait Pemblokiran pada Dadang "Dewa_Kipas" Subur

"Bapak tidak begitu mengerti tentang teknologi, saya yang menuntunnya untuk membuat akun, foto profil, mencari pertandingan, dan lain sebagainya," jelas Ali.

Karena sulit memahami berbagai menu yang ada di Chess.com, Dadang hanya memainkan mode Rapid (10 menit) di Chess.com yang lebih mudah diakses. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x