Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Dewa Kipas Diblokir Chess.com, Disebut Menang Tak Wajar Usai Kalahkan GothamChess

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 16:18 WIB
kronologi-dewa-kipas-diblokir-chess-com-disebut-menang-tak-wajar-usai-kalahkan-gothamchess
Ilustrasi pertandingan Chess.com antara Dewa_Kipas dan GothamChess. (Sumber: Chess.com via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Dewa Kipas baru-baru ini mendadak menjadi perbincangan publik lantaran mampu mengalahkan gamer catur dunia, Levy Rozman alias GothamChess.

Akun pecatur asal Indonesia di platform Chess.com ini diblokir usai kalahkan streamer Twitch dan YouTuber GothamChess tersebut.

Kasus catur ini pertama kali diunggah oleh pengguna Facebook bernama Ali Akbar, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas atau yang bernama asli Dadang Subur, mantan pecatur profesional Tanah Air.

Baca Juga: Tega Banget! Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com, Akun Pecatur Indonesia Ini Malah Diblokir

Pertandingan catur ini telah berlangsung pada Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 23.00 WIB dengan durasi 5 menit.

Ali mengatakan bahwa ayahnya, Dadang, iseng ingin bermain satu pertandingan di Chess.com sebelum tidur dan bermain Rancked Match di sana.

“Ayah saya iseng main Ranked Match sebelum tidur, dia tidak melihat siapa lawannya. Dia cuma senang saja kalau ketemu lawan yang punya simbol GM, FM atau IM," ujar Ali, dikutip dari Kompas.com, Kamis (4/3/2021).

Tak disangka, Dadang mendapatkan lawannya yang ternyata Levy Rozman alias GothamChess yang kerap menayangkan pertandingan caturnya di Twitch dan TouTube.

Levy merupakan pemain Chess.com yang sudah bergelar International Master (IM) dengan ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) sebanyak 2.400.

Sementara Dadang memiliki ELO sebanyak 2.300. Tak heran keduanya dipertemukan dalam satu pertandingan.

Baca Juga: Dipanggil Kejaksaan Terkait Video Syur, Gisel Minta Izin Tak Hadir

Setelah menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan diraih oleh Dadang, akun Dewa_Kipas pun diserang oleh pengguna Chess.com lainnya.

Dadang disebut curang saat bermain dengan GothamChess. Sejumlah pengguna juga menyebutnya menggunakan cheat.

"Semua hate message masuk ke inbox di aplikasi Chess.com. Misalnya, ada 'hapus akunmu sebelum terlambat' atau 'dasar kamu pemain curang'," ujar Ali.

Ali pun menyimpulkan bahwa akun Dewa_Kipas diblokir lantaran dilaporkan oleh banyak orang, terutama penonton Twitch yang menyaksikan pertandingan mereka secara langsung.

"Rata-rata (komentar) berasal dari penonton Twitch GothamChess, karena pertandingan bapak saya disiarkan langsung di sana," kata Ali.

Baca Juga: Legenda Persebaya Budi Johanis Meninggal Dunia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x