Kompas TV internasional kompas dunia

Sekjen PBB Antonio Guterres: Lindungi Hutan dan Satwa Liar!

Kamis, 4 Maret 2021 | 22:24 WIB
sekjen-pbb-antonio-guterres-lindungi-hutan-dan-satwa-liar
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada Rabu (03/03/2021) menyerukan perlindungan hutan dan spesies hutan, yang memberikan penghidupan bagi masyarakat miskin dan pribumi.(Sumber: AP Photo/KM Chaudry)

MARKAS PBB NEW YORK, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada Rabu (03/03/2021) menyerukan perlindungan hutan dan spesies hutan, yang memberikan penghidupan bagi masyarakat miskin dan pribumi.

Seruan Guterres ini disampaikan bertepatan dengan Hari Margasatwa Dunia, yang jatuh pada 3 Maret. Tema tahun ini adalah "Hutan dan Penghidupan: Menopang Manusia dan Planet" (Forests and Livelihoods: Sustaining People and Planet).

Guterres pada perayaan tersebut mengatakan, "Hutan-hutan di Bumi ini menjadi rumah bagi sekitar 80 persen dari total spesies darat liar. Hutan membantu mengatur iklim dan menyokong penghidupan ratusan juta orang."

Sekitar 90 persen warga paling miskin di dunia dalam beberapa hal bergantung pada sumber daya hutan. Hal ini khususnya terlihat pada masyarakat pribumi yang hidup di dalam atau di dekat hutan.

Baca Juga: BLACKPINK Secara Resmi Dukung Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26

Sekitar 28 persen daratan di dunia ini dikelola oleh masyarakat pribumi, termasuk beberapa hutan paling utuh di Bumi. Hutan memberikan penghidupan dan identitas budaya bagi mereka. 

Eksploitasi hutan yang tidak berkonsep berkelanjutan merugikan masyarakat pribumi dan berkontribusi pada rusaknya keragaman hayati serta gangguan iklim. Setiap tahun, 4,7 juta hektare hutan, area yang lebih luas daripada Denmark, hilang, tutur Guterres.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Makin Qona'ah Di Bulan Ramadhan

Selasa, 13 April 2021 | 22:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:37
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   KOMPLEKS KUIL ANGKOR DI KAMBOJA DITUTUP SEMENTARA HINGGA 20 APRIL 2021 UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   VAKSINASI WARGA LANSIA DI REMBANG, JATENG, BERLANGSUNG PUKUL 08.00-11.00 WIB SELAMA RAMADAN   POLDA KALIMANTAN SELATAN KERAHKAN 300 PERSONEL DI PERBATASAN DAN PELABUHAN UNTUK CEGAH PEMUDIK   PAGU ANGGARAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES SEBESAR RP 27,1 MILIAR   PEMBANGUNAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES, NTT, TERUS BERJALAN MESKI CUACA EKSTREM   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI SEBUT TIDAK ADA LAGI LOKASI TERDAMPAK BENCANA YANG TERISOLASI   WAGUB JOSEF NAE SOI: 70% LISTRIK DI WILAYAH TERDAMPAK BENCANA DI NTT SUDAH KEMBALI MENYALA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI: 178 ORANG MENINGGAL DAN 47 ORANG HILANG AKIBAT BENCANA DI NTT   PEMKOT YOGYAKARTA HENTIKAN BANTUAN MAKANAN BAGI PASIEN COVID-19 ISOLASI MANDIRI KARENA ANGGARAN TIDAK CUKUP   BPBD LUMAJANG, JATIM: ADA 6 WARGA LUMAJANG YANG MENJADI KORBAN MENINGGAL AKIBAT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   MENKEU PERPANJANG DISKON LISTRIK GOLONGAN INDUSTRI, BISNIS, & SOSIAL SEBAGAI BAGIAN PEN 2021   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TANGKAP 5 KAPAL VIETNAM DI LAUT NATUNA YANG MENCURI CUMI-CUMI   KEMENDAGRI CABUT HAK AKSES DATA KEPENDUDUKAN 153 LEMBAGA KARENA MELANGGAR PENJANJIAN KERJA SAMA