Kompas TV nasional sosial

Jokowi: Hampir 10 Juta Pengangguran di Negara Kita

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 13:55 WIB
jokowi-hampir-10-juta-pengangguran-di-negara-kita
Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (4/3/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia saat ini hampir menyentuh angka 10 juta orang.

Dalam sambutannya di acara Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 di Istana Negara, Jokowi menyebutkan bahwa membludaknya pengangguran disebabkan adanya pandemi dan datangnya angkatan kerja baru.

"Sudah ada sekarang ini hampir 10 juta pengangguran di negara kita. Baik karena pandemi dan juga (karena) angkatan kerja baru," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Cintai Produk Kita, Benci Produk Luar Negeri!

Tingginya angka pengangguran di Indonesia, Jokowi pun meminta para pelaku usaha untuk menciptakan peluang kerja sebanyak-banyaknya.

Sebab, lapangan kerja yang banyak merupakan salah-satu yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Soal lapangan kerja, Jokowi menyebutkan bahwa pembukaan lapangan kerja juga menjadi salah satu cara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk tahun ini, Presiden Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak 5 persen.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Tips Lolos Prakerja Gelombang 13

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 berada di angka minus 2,19 persen.

“Target dalam APBN tahun ini pertumbuhan kita harus mencapai angka kurang lebih 5 persen. Bukan sesuatu yang mudah ini dari minus 2,19 persen,” ujar Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x