Kompas TV nasional peristiwa

Setelah Sekolah Dibuka, Ketua Komisi X DPR Minta Konser Musik Digelar

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 05:10 WIB
setelah-sekolah-dibuka-ketua-komisi-x-dpr-minta-konser-musik-digelar
Ketua Komisi X Syaiful Huda (Sumber:dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Komisi X  DPR RI Syaiful Huda mendukung kegiatan sekolah kembali dibuka pada Juli mendatang seperti usulan pemerintah. Setelah sekolah boleh tatap muka, maka Huda minta agar pertunjukan seni dan budaya juga segera digelar.

“Kami mendukung kembali dibukanya sekolah dan bergeraknya industri kreatif di tanah air seiring tingginya antusiame vaksinasi Covid-19. Seni pertunjukan saya rasa layak dipertimbangkan untuk kembali dibuka secara bertahap, baik itu konser musik, pertunjukan teater, maupun kesenian tradisinal," kata Huda, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Hindari Multitafsir, Komisi X DPR Minta SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah Dijelaskan Detail

Sebab,  pergelaran kegiatan seni budaya sudah terhenti selama setahun akibat pandemi Covid-19. Kondisi itu berdampak besar bagi para pelaku seni pertunjukan, termasuk para musisi, aktor, komedian, hingga kru pertunjukan. Para seniman ini menggantungkan hidupnya dari berkesenian.

Padahal, sebelum pandemi Indonesia punya banyak agenda pertunjukan yang menarik. Misalnya,  Festival Java Jazz, Prambanan Jazz, hingga Synchronize Fest. "Relasi antara promotor, musisi, dan pihak sponsor juga terjalin dengan baik. Ekosistem ini harus tetap dijaga, salah satunya dengan pemberian izin pagelaran dari pemerintah,” kata politikus dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi, Komisi X DPR: Jangan Tergesa-gesa

Pertunjukan seni sudah menjadi tempat bergantung para pelaku kesenian. “Mereka yang biasa menggantungkan hidup dari seni pertunjukan kehilangan sumber mata pencaharian utamanya. Pelarangan pagelaran seni budaya selama pandemi berdampak sangat besar bagi para pelakunya. Tidak hanya dari sisi ekonomi, pelarangan ini juga berdampak pada penurunan daya kreativitas karena minimnya ruang ekspresi,” tuturnya.

Baca Juga: Soal Polemik Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi, Ini Penjelasan Wakil Ketua Komisi X DPR RI

Sementara kondisi sekarang sudah mulai membaik. Beberapa indikator penanganan Covid-19 menunjukkan tanda-tanda menggembirakan. Secara global terjadi penurunan kasus aktif beberapa waktu terakhir. Di Indonesia target vaksinasi gelombang satu untuk para tenaga kesehatan relatif sukses. Vaksinasi gelombang satu untuk pelayan publik, lansia, jurnalis, hingga pedagang besar juga relatif berjalan lancar.

Karena itu, ujar Huda,  saatnya dipikirkan sektor industri kreatif kembali berjalan dengan menimbang opsi pembukaan konser musik dan seni pertunjukan lain secara bertahap. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x