Kompas TV regional berita daerah

Sempat Takut, Warga Lansia di Banjarmasin Antusias Jalani Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 16:43 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Vaksinasi covid-19 terus berlanjut di Kota Banjarmasin.

Senin pagi (1/3/2021) setelah ditujukan bagi tenaga kesehatan, vaksinasi kemudian difokuskan kepada warga lanjut usia atau lansia.

Seperti di Puskesmas Cempaka Banjarmasin, sejak dibuka pagi hari berbondong warga lansia mendatangi puskesmas untuk menerima vaksin.

Antusiasme tinggi warga lansia cukup membuat puskesmas sempat kewalahan dan menambah ruangan layanan vaksinasi yang awalnya hanya dilakukan di aula puskesmas.

Baca Juga: Luncurkan Aplikasi Silaku, Berkunjung dan Titip Barang ke Lapas Banjarmasin Terekam Secara Digital

Kepala Puskesmas Cempaka, Emma Ariesnawati mengaku tak hanya yang sudah terdaftar melalui website, sejumlah lansia juga merupakan pendaftar baru.

“Sebenarnya hari ini 50 tetapi nanti siang akan kami evaluasi kendalanya dimana kalau misalnya ruangan, kita langsung ambil kebijakan, karena di aula sudah luar biasa banyak kita bagi ke ruangan sebelah,” terang Emma.

Para warga lansia yang terdaftar untuk divaksin terlebih dahulu dimintai keterangan riwayat penyakit termasuk riwayat pernah tidaknya terjangkit covid-19.

Hari, seorang warga lansia mengaku, keinginannya untuk divaksin dan sehat menjadi pendorong kendati awalnya sempat merasa takut.

“Iya sempat rasa takut sebelumnya, sudah terdaftar sebelumnya sudah lapor ke RT, ikut vaksin karena ingin sehat sama ipar sama-sama vaksin supaya bisa kerja Kembali, rasanya divaksin nggak ada rasa,” ucap Hari.

Baca Juga: Puluhan Rumah Terbakar, Korban Berupaya Cari Dokumen Penting di Antara Puing Bangunan

Pemberian vaksin untuk lansia diprioritaskan selama 3 hari dengan sasaran mencapai 49.950 lansia se-Kota Banjarmasin.

Selain itu vaksinasi tahap ini vaksinasi juga menyasar pemberi pelayanan publik.

Serupa dengan tenaga kesehatan, vaksinasi dilakukan dua kali dengan jangka waktu penyuntikan 26 hari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x