Kompas TV nasional peristiwa

Sosok Artidjo Alkostar Wariskan Keteladanan untuk KPK dan Indonesia

Selasa, 2 Maret 2021 | 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dunia hukum tanah air berduka. Indonesia kehilangan sosok Artidjo Alkostar, mantan pengacara dan hakim agung yang tak tercela, bersahaja, dan berintegritas tinggi.

Usai pensiun hingga akhir hayatnya, Artidjo Alkostar masih mendarmabaktikan dirinya kepada negara sebagai anggota Dewan Pengawas KPK.

Duka mendalam atas kepergian Artidjo Alkostar yang dikenal sebagai Algojo para koruptor juga disampaikan Presiden Joko Widodo.

Di sela kunjungan dinasnya, presiden pun menyempatkan diri melayat mendiang Artidjo di Masjid Ulil Albab, kampus terpadu Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri, dan Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, ikut mengantar Artidjo Alkostar ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Mereka menyatakan kehilangan mendalam atas kepergian Artidjo yang tak hanya mewariskan keteladanan untuk KPK, namun juga untuk seluruh bangsa Indonesia.

Sosok Artidjo Alkostar menginsipirasi Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud merupakan kolega sekaligus junior Artidjo di almamater mereka di UII Yogyakarta.

Selain panutan sebagai pengacara dan penegak hukum yang berintegritas, figur Artidjo juga menginspirasi mahfud menjadi dosen ilmu hukum.

Artidjo Alkostar di mata banyak orang merupakan sosok lurus yang tidak bisa diintervensi.  

Ketika mengabdi sebagai pengacara di LBH Yogyakarta, ia tak meminta bayaran sepeser pun kepada kliennya.

Ada pun sebagai Hakim agung, artidjo dikenal sering memperberat hukuman untuk terpidana korupsi yang banding ke Mahkamah Agung.

Selamat jalan Pak Artidjo.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Meletakan Niat Ketika Shalat

Rabu, 14 April 2021 | 06:31 WIB
UKM

Stok Ikan Selama Puasa dan Lebaran Aman

Rabu, 14 April 2021 | 06:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:14
FLORENTINO PEREZ KEMBALI TERPILIH SEBAGAI PRESIDEN REAL MADRID UNTUK MASA JABATAN HINGGA 2025    MENKES AUSTRIA RUDOLF ANSCHOBER MENGUNDURKAN DIRI KARENA LELAH TANGANI PANDEMI KORONA    KAPOLDA PAPUA IRJEN MATHIUS D FAKHIRI JANJI MENCARI DAN TANGKAP KKB YANG BERAKSI DI BEOGA DAN ILAGA, PUNCAK    KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISITIONO: PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK AKAN DIHUKUM 2 KALI LIPAT    PT KAI IZINKAN PENUMPANG UNTUK SAHUR DAN BUKA PUASA DI DALAM KERETA KETIKA DALAM PERJALANAN SELAMA BULAN RAMADAN    PT KAI MASIH JUAL TIKET KERETA HINGGA KEBERANGKATAN 30 APRIL 2021 DI TENGAH ATURAN PELARANGAN MUDIK    DISPAREKRAF DKI JAKARTA: RESTORAN TIDAK BOLEH TAMPILKAN PERTUNJUKAN DJ SELAMA BULAN RAMADAN    JAM OPERASIONAL MRT TIDAK MENGALAMI PERUBAHAN SELAMA BULAN RAMADAN    MRT JAKARTA IZINKAN PENUMPANG BERBUKA PUASA DI DALAM GERBONG KERETA DENGAN AIR PUTIH DAN KURMA    POLDA METRO JAYA LIMPAHKAN BERKAS KASUS MAFIA TANAH YANG MENYASAR KELUARGA DINO PATTI DJALAL KE KEJATI    DISHUB DKI BERENCANA HANYA MEMBUKA TERMINAL PULO GEBANG DI JAKARTA TIMUR SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN CEK STATUS RUMAH PENINGGALAN MENLU PERTAMA, ACHMAD SOEBARDJO, YANG DIJUAL    ICW MINTA KPK USUT DUGAAN BOCORNYA INFORMASI PENGGELEDAHAN DUA LOKASI DI KALIMANTAN SELATAN    TERDAKWA DJOKO TJANDRA AJUKAN BANDING ATAS VONIS 4 TAHUN 6 BULAN PENJARA DALAM KASUS "RED NOTICE"