Kompas TV nasional peristiwa

Yogyakarta Alami Hari Tanpa Bayangan 28 Februari 2021, Lalu Surabaya hingga Jakarta, Cek Jadwalnya

Kompas.tv - 28 Februari 2021, 06:00 WIB
yogyakarta-alami-hari-tanpa-bayangan-28-februari-2021-lalu-surabaya-hingga-jakarta-cek-jadwalnya
Ilustrasi hari tanpa bayangan. (Sumber: Warta Kota/Yosia Margaretta)
Penulis : Ahmad Zuhad

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Yogyakarta akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan, Minggu (28/2/2021) siang ini. Setelah itu, fenomena ini juga akan menyambangi daerah-daerah Indonesia lain, seperti Surabaya, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Hari tanpa bayangan adalah fenomena ketika matahari berada tepat di posisi tertinggi di langit. Fenomena ini disebut juga sebagai "Kulminasi Utama". 

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," demikian keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: Wisatawan Abadikan Momen Hari Tanpa Bayangan

Fenomena ini terjadi karena bidang rotasi bumi tidak pas berimpit dengan bidang revolusi bumi.

"Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5° LU s.d. 23,5° LS," tulis BMKG.

Fenomena ini akan terjadi di Indonesia dua kali dalam setahun dalam waktu yang berdekatan. Ini karena Indonesia terletak di bawah garis khatulistiwa.

Hari tanpa bayangan ini juga menandakan terjadi perubahan musim.

"Perubahan posisi tampak matahari menyebabkan perubahan musim di bumi, misalnya empat musim di daerah subtropis dan juga musim kering-basah di wilayah Indonesia," kata Koordinator Bidang Kehumasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jasyanto, dikutip dari lapan.go.id.

Baca Juga: Sekolah Alam Kurangi Ketergantungan Anak Pada Gadget

Kehumasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jasyanto, dikutip dari lapan.go.id.

Fenomena ini akan terjadi secara bergantian di seluruh Indonesia. Hari tanpa bayangan berlangsung antara 20 Februari 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2021 di Aceh.

Kemudian, hari tanpa bayangan ini akan terjadi mulai 7 September 2021 di Sabang, Aceh hingga 21 Oktober 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat Surabaya dapat mengamati hari tanpa bayangan ini pada Senin (1/3/2021). Hari selanjutnya, giliran masyarakat Semarang.

Baca Juga: Kumpulan Peristiwa Unik dan Viral di Tahun 2020

Warga Bandung dapat melihat hari tanpa bayangan pada 3 Maret 2021, sedangkan warga Jakarta pada 4 Maret 2021.

Berikut jadwal hari tanpa bayangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x